Cara Melihat Baterai Headset / Earbuds Bluetooth di iPhone & iPad melalui Widget

Saat ini sudah sangat banyak dan menjadi trend headset, earbuds atau earphone dengan teknologi Wireless alias tanpa kabel, cukup menghubungkan headset ke iPhone atau iPad kalian dengan koneksi Bluetooth maka headset siap digunakan untuk mendengarkan musik.


Karena tanpa kabel inilah headset wireless memiliki Baterai tersendiri yang berukuran sangat kecil dan tertanam dalam headset, maka dari itu penting bagi pengguna headset, earbuds atau earphone bluetooth agar terus memantau baterai dan melakukan pengisian daya ketika ingin digunakan.

Baca Juga : Cara Mengganti Semua Nama Perangkat Bluetooth di iPhone iOS 14

Bagi pengguna iOS / iPadOS iPhone, iPod touch dan iPad, kalian dapat dengan mudah memantau daya baterai pada headset, earbuds, earphone bahkan speaker portable langsung di iPhone kalian melalui Widget (lebih detail dengan angka persentase), hal ini tidak hanya berlaku bagi earbuds AirPods besutan Apple saja namun bagi seluruh perangkat wireless bluetooth yang menggunakan baterai. Baik kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya di bawah berikut.

Cara Melihat Baterai Headset, Earbuds, Earphone dsb di iPhone, iPad dan iPod touch melalui Widget

Sebagai catatan bagi yang belum tahu, secara bawaan baterai pada earbuds atau perangkat bluetooth lainnya akan tampil bersebelahan dengan icon baterai iPhone kalian, namun sayangnya tidak menampilkan persentase sisa baterai.

pengguna iPhone dengan notch dapat menemukan icon baterai earbuds wireless pada pusat kontrol

Selain itu bagi pengguna AirPods kalian dapat menampilkan status baterai dari AirPods dan Casenya, dengan cara memasukkan AirPods ke dalam Case dan membukanya dekat dengan iPhone, jika sudah akan muncul jendela yang menampilkan status baterai keduanya.


Atau agar lebih mudah dan mendetail, kalian bisa menambahan Widget Baterai di iPhone, iPad atau iPod touch, berikut caranya :

Khusus yang masih menggunakan iOS 13 atau iOS 12, kalian bisa menambahkan Widget Baterai melalui halaman paling kiri di homescreen (tap Edit > Baterai)

#1 : Silahkan hubungkan terlebih dahulu perangkat bluetooth kalian ke dalam iPhone

#2 : Kemudian tap dan tahan disembarang tempat pada homescreen atau tap salah satu aplikasi dan pilih Edit Layar Utama sampai seluruh icon aplikasi begoyang 👯


#3 : Jika sudah tap icon tanda tambah yang berada dipojok kanan atas (iPhone dengan tombol home) atau kiri atas (iPhone notch)


#4 : Lalu cari menu widget Baterai kemudian pilih tampilan widget yang kalian inginkan


#5 : Jika sudah tap Add Widget dan tempatkan pada homescreen sesuai keinginan kalian (kalian bisa juga meletakkannya pada halaman Widget dipaling kiri halaman homescreen)


Selain memantau baterai dari headset wireless kalian juga dapat memantau baterai dari iPhone kalian sendiri, Apple Watch (jika ada) dan masih banyak lagi perangkat lainnya yang terhubung ke iPhone yang menggunakan daya baterai.

Baca Juga : Penyebab Kesehatan Baterai iPhone yang Cepat Menurun

Dengan menggunakan Widget memantau sisa baterai perangkat Wireless yang terhubung ke iPhone menjadi lebih mudah dan mendetail, sehingga kalian bisa memperkirakan kapan saatnya harus melakukan pengisian daya.

Baik itu saja informasi cara melihat baterai pada headset, earbuds, headphone, speaker dsb (wireless bluetooth) di iOS iPhone, iPad dan iPod touch. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.