Cara Lengkap Memblokir Situs di WiFi Indihome Huawei

Bagi pengguna Internet di Indonesia khususnya pengguna layanan Internet dari Indihome, pada postingan kali ini admin akan membagikan cara memblokir situs pada jaringan WiFi / LAN Indihome yang menggunakan modem Huawei.


Sebelum melanjutkan mungkin disini ada yang sudah pernah mencoba melakukan pemblokiran situs namun tertahan karena menu Enable Website Filter tidak dapat diaktifkan? jika ya maka admin pun sebelumya mengalami hal yang sama, namun untuk saat ini sudah bisa teratasi. Kok bisa? langsung saja ikuti cara-caranya di bawah berikut :)

Cara Lengkap Memblokir Situs di WiFi Indihome Huawei

#1 : Pertama pastikan sudah terhubung ke internet WiFi atau LAN tersebut, kemudian buka alamat berikut di browser kalian 192.168.100.1

#2 : Jika sudah silakan Login ke pengaturan modem kalian menggunakan akun Super Admin

(*perhatikan huruf besar dan kecil karena sangat berpengaruh, apabila tidak berhasil tanyakan ke teknisi layanan indihome kalian untuk mendapatkan informasi login super admin)

  • Username: Support
  • Password: theworldinyourhand

Super Admin merupakan akun yang biasanya digunakan teknisi untuk memperbaiki apabila router bermasalah

#3 : Jika sudah login langsung saja pada Pengaturan masuk ke menu Security > Parental Control > Template > New


#4 : Selanjutnya silakan masukan informasi nama Template (untuk memberikan nama pada pengaturan blokir), lalu kalian bisa mengatur juga untuk berapa lama situs yang diblokir tersebut dapat diakses kembali pada menu "Template validation period"


#5 : Jika sudah klik Next dan Next lagi (pastikan semua pengaturan yang diinginkan sudah benar)

#6 : Selanjutnya pada step 3 silakan nyalakan menu Enable website filter dan masukkan alamat website yang akan diblokir pada kolom URL Address:


Perhatian! kalian tidak bisa memblokir website dengan protokol https:// jadi apabila website yang diblokir menggunakan protokol https maka website tetap dapat dibuka dengan ikut menuliskan https:// didepan alamat website tersebut.

#7 : Jika sudah klik Apply lalu Finish

#8 : Eits belum selesai, selanjutnya silakan tap menu Overview > Apply on all devices kemudian New lalu pilih Template yang tadi baru saja kalian buat


#9 : Terakhir silakan klik Apply

Nah sekarang silakan coba akses website yang kalian blokir (jangan menggunakan awalan https://), maka secara otomatis website tersebut tidak akan terbuka alias terblokir.

Sekedar tips, cara blokir website di atas hanya efisien apabila website dibuka secara langsung tanpa menyertakan https:// di depan alamatnya. Sebab untuk saat ini cara di atas tidak mendukung pemblokiran total website yang menggunakan protokol keamanan https://.

Baca Juga : Cara Mengganti Password WiFi Indihome Melalui iPhone

Baik itu saja informasi cara memblokir situs pada modem huawei internet indihome (WiFi / LAN), apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.