Kekurangan & Kelebihan Wireless Charging untuk Smartphone

Saat ini sudah banyak smartphone (Android dan iPhone) yang telah memiliki fitur Wireless Charging atau pengisian tanpa kabel, dimana kabel tidak lagi diperlukan untuk melakukan pengisian daya. Cukup menempatkan smartphone di atas charging pad (wireless charger) maka secara otomatis smartphone akan melakukan pengisian daya.


Dan tidak menutup kemungkinan juga dimasa yang akan datang nanti Wireless Charging ini akan menggantikan total posisi kabel sebagai media untuk melakukan pengisian daya. Nah bagi kalian pengguna smartphone yang telah memiliki kapabilitas untuk melakukan Wireless Charging pasti bertanya-tanya apa saja sih kelebihan dan kekurangan menggunakan Wireless Charging?

Bagaimana Cara Wireless Charging Bekerja?

Wireless Charging bekerja dengan mentransfer energi dari Wireless Charger ke kumparan penerima yang terpasang dibagian belakang Smartphone dengan menggunakan Induksi Elektromagnetik.

Wireless Charging menggunakan sebuah kumparan induksi yang berfungsi untuk membuat medan elektromagnetik bolak-balik, sehingga kumparan penerima pada smartphone akan merubah medan elektromagnetik yang diterima tersebut ke dalam bentuk listrik untuk dimasukkan ke dalam baterai.

(+) Kelebihan Wireless Charging

Sangat Mudah Digunakan dan Praktis: kalian tidak perlu repot-repot menghubungkan kabel ke Smartphone. Cukup meletakkannya di atas Charging Pad dan pengisian daya secara otomatis akan berjalan.

Lebih Aman: dalam artian apabila ada tegangan listrik mendadak entah akibat petir atau konsleting maka smartphone kalian memiliki resiko yang sangat kecil untuk terdampak karena memang tidak terhubung langsung ke listrik.

Port / Lubang Charger lebih Awet: Karena tidak terhubung langsung dengan kabel, maka lubang charger pada smartphone kalian akan jauh lebih awet karena jarang digunakan.

Dapat Mengisi Beberapa Perangkat Sekaligus: Untuk beberapa model Wireless Charging dengan tatakan yang luas, dapat mengisi beberapa perangkat sekaligus sehingga tidak perlu banyak-banyak charger.

Fungsi yang Dapat Disesuaikan: Beberapa Wireless Charging dapat digunakan dalam berbagai posisi sehingga apabila kalian tetap dapat menyaksikan video sambil melakukan pengisian daya, bahkan saat ini ada Wireless Charger yang dapat ditempelkan ke bagian belakang smartphone.

(-) Kekurangan Wireless Charging

Smartphone Menjadi Lebih Panas: Karena induksi medan Elektromagnetik, beberapa smartphone akan mengalami panas berlebih dan dalam beberapa kasus hal ini dapat memicu kesehatan baterai pada smartphone lebih cepat menurun.

Sulit Menggunakan Smartphone Sambil Diisi Daya: Kebanyakan Wireless Charging saat ini mengharuskan kalian untuk meletakkan smartphone, dengan begini tentu kalian akan kesulitan dalam melakukan panggilan telepon ataupun bermain game saat smartphone sedang diisi daya.

Lebih Lambat Dibandingkan Fast Charging Kabel: Wireless Charging bekerja lebih lambat dalam mengisi daya dibandingkan dengan beberapa adpter Fast Charging yang masih menggunakan kabel.

Harga yang Mahal: Apabila Wireless Charging mengalami keruskan, siap-siap mengeluarkan dana lebih untuk menggantinya dengan yang baru.

Mobilitas saat Bepergian: Jika kabel dengan mudah digulung dan diselipkan dimana saja, namun hal ini tidak berlaku bagi Wireless Charging yang mungkin akan memakan tempat di tas kalian.

Fungsi yang Terbatas: Wireless Charging hanya berfungsi untuk mengisi daya saja, jadi jika kalian berniat untuk menggunakan Wireless Charging untuk transfer data tentu saja hal tersebut tidak dapat dilakukan.

Kesimpulan

Apabila kalian mengiginkan pengisian daya yang cepat dan praktis, tanpa repot mengatur kabel, menjaga port charger lebih awet dan keamanan dari tegangan listrik berlebih mungkin Wireless Charging ini cocok untuk kalian. Namun apabila kalian suka menggunakan smartphone sambil diisi daya entah untuk melakukan panggilan telepon atau bermain games maka Wireless Charging kurang cocok untuk digunakan.

Baca Juga: Tips Memilih TWS Latency Rendah / No Delay untuk Gaming di Android & iOS

Tetapi tidak menutup kemungkinan Kesimpulan yang admin dapatkan di atas dapat berubah seiring inovasi yang ditambahkan pada Wireless Charging. Jadi apabila Smartphone kalian mendukung fitur Pengisian Tanpa Daya, silakan coba Wireless Charging untuk merasakan pengalaman mengisi daya baterai yang berbeda dari sebelumnya.