Cara Mengatasi Baterai iPhone agar Tidak Cepat Panas

Panas adalah salah satu musuh utama beberapa perangkat elektronik, salah satunya termasuk iPhone yang sedang kalian gunakan. Panas yang dihasilkan oleh iPhone biasanya datang dari komponen Baterai ataupun CPU, karena Baterai merupakan penyuplai daya utama iPhone dan CPU merupakan komponen penyerap daya yang paling banyak.


Baterai pada iPhone yang sering menjadi panas dapat berdampak pada kualitas baterai itu sendiri, misalnya saja kesehatan baterai yang lebih cepat menurun, penggunaan baterai yang lebih singkat atau cepat habis, resiko iPhone tidak dapat digunakan karena suhu terlalu tinggi hingga terjadi kerusakan permanen.

Baca Juga : Ciri-Ciri dan Cara Cek Baterai iPhone Masih Bagus atau Tidak

Untuk menghindari Baterai yang cepat panas kalian dapat mengikuti beberapa tips berikut ini:

Hindari Bermain Game saat Berada Diluar Ruangan

Bukan tidak boleh kalian bermain game di luar ruangan, namun sebaiknya hindari bermain game di luar ruangan saat cuaca panas dengan paparan sinar matahari yang cukup menyengat. Hal tersebut akan memperparah kondisi suhu iPhone, jadi pastikan untuk bermain game apalagi game berat saat berada pada cuaca yang dingin atau teraliri udara yang segar.

Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Sama seperti di atas, pastikan kalian tidak membiarkan iPhone terpapar sinar matahari langsung dalam jangka waktu yang lama, apalagi jika digunakan untuk bermain game.

Lepas Case saat Bermain Game

Saat bermain game dan iPhone terasa semakin cepat panas, kalian bisa mengurangi beban panas tersebut dengan melepas case yang ada pada iPhone. Dengan begini iPhone kalian akan lebih teraliri udara segar sehingga lebih cepat melepas panas.

Hindari Menggunakan iPhone Sambil Diisi Daya

Baterai pada iPhone akan bekerja lebih keras saat sedang diisi daya sambil digunakan sehingga menghasilkan panas berlebih. Sebaiknya hindari iPhone sambil diisi daya, apabila perlu lepaskan juga case semaka diisi daya agar iPhone tetap teraliri udara segar.

Kurangi Kecerahan Layar

Salah satu faktor mengapa iPhone kalian sering terasa panas adalah kecerahan layar yang terlalu tinggi / terang. Semakin terang kecerahan layar pada iPhone semakin besar juga daya yang akan dikeluarkan oleh Baterai, bukan hanya Baterai saja yang akan memanas namun Layar pada iPhone itu sendiri pun akan terasa lebih panas. Jadi disarankan untuk menggunakan Kecerahan Otomatis atau kurangi kecerahan layar apalagi jika sedang berada di dalam ruangan.

Gunakan Mode Pesawat

Saat ini sudah banyak pengguna smartphone beralih dari panggilan telepon biasa menggunakan panggilan berbasis internet. Jika kalian merupakan salah satu pengguna tersebut, ada baiknya untuk mengaktifkan Mode Pesawat dan gunakan WiFi sebagai penggantinya.

Gunakan Mode Daya Rendah

Mode Daya Rendah pada iPhone merupakan salah satu fitur yang berguna untuk membatasi penggunaan daya pada iPhone. Dampaknya? kinerja baterai menjadi lebih ringan sehingga suhu dapat ditekan lebih rendah lagi. Selain itu kalian juga akan mendapatkan daya tahan baterai yang jauh lebih lama dari biasanya.

Gunakan Mode Gelap / Dark Mode

Mode Gelap atau Dark Mode merupakan fitur pada iPhone yang digunakan untuk mengubah tampilan antarmuka sistem dan aplikasi dari yang tadinya berwarna putih menjadi hitam. Tentu saja hal ini akan berdampak pada penggunaan daya baterai iPhone terutama pada iPhone dengan layar OLED, karena pixel pada layar OLED akan mati saat menampilkan warna hitam.

Rutin Update ke iOS Terbaru

Rutin mengupdate ke iOS versi terbaru juga merupakan salah satu cara mengatasi baterai pada iPhone yang cepat panas. Biasanya dalam update terbaru Apple fokus untuk mengoptimalkan penggunaan daya sehingga berdampak pada suhu baterai.

Nonaktifkan Update dan Backup data Otomatis

Terkadang Update dan Backup data Otomatis dapat menjadi biang kerok iPhone yang menjadi lebih cepat panas, biasanya hal ini disebabkan oleh proses update dan backup data yang terlalu lama karena koneksi internet yang lambat. Untuk menonaktifkan Update Otomatis kalian bisa masuk ke menu berikut:

  • Update Otomatis Aplikasi: Pengaturan > App Store
  • Update Otomatis iOS: Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak > Sesuaikan Pembaruan Otomatis
  • Backup Data Otomatis: Pengaturan > ID Apple, iCloud, Media & Pembelian > iCloud > Cadangan iCloud
  • Backup Foto Otomatis: Pengaturan > Foto > Foto iCloud

Cek Kesehatan Baterai

Selain hal-hal di atas penting juga untuk memperhatikan kesehatan baterai pada iPhone kalian, semakin rendah kesehatan baterai biasanya baterai mulai memiliki banyak masalah-masalah kecil yang terjadi secara acak, dan salah satunya adalah panas. Disarankan apabila kesehatan baterai mulai parah (biasanya di bawah 70% atau 60% dan iPhone terkadang mati sendiri), silakan ganti baterai tersebut dengan baterai yang baru dan tentu saja gunakan yang asli.

Baca Juga : Penyebab Kesehatan Baterai iPhone yang Cepat Menurun

Ya, itu saja tips-tips yang dapat kalian lakukan sebagai langkah pencegahan agar baterai pada iPhone tidak menjadi cepat panas. Ingat baterai yang cepat panas akan mempengaruhi kualitas dari iPhone itu sendiri, mulai dari performa hingga ketahanannya.

Baik itu saja informasi cara mengatasi dan mencegah agar baterai pada iPhone tidak cepat panas yang dapat admin bagikan. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.