Penyebab iPhone Cepat Rusak dan Cara Merawatnya agar Awet

Kerusakan merupakan hal yang tentu saja tidak diinginkan oleh setiap pengguna iPhone, kerusakan bisa dibilang sebuah mimpi buruk, apalagi jika iPhone yang digunakan sudah tidak lagi berada dalam masa garansi, dan apabila mimpi buruk tersebut menjadi kenyataan kalian harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit bahkan hampir seperti membeli iPhone baru hanya untuk memperbaiki iPhone tersebut secara resmi.


Nah pasti kalian tidak ingin dong iPhone yang sudah kalian beli dengan mengorbankan banyak uang, dapat dengan mudah rusak begitu saja. Maka dari itu penting untuk memperhatikan hal-hal apa saja yang dapat menjadi pemicu iPhone menjadi cepat rusak dan bermasalah. Hal ini juga merupakan suatu investasi sehingga dengan terawatnya iPhone tersebut kalian tidak perlu lagi mengganti iPhone lebih cepat atau bahkan hampir setiap tahun.

Lalu apa sajakah penyebab-penyebab yang dapat memicu kerusakan pada iPhone dan bagaimana cara menghindari, mengantisipasi ataupun merawat agar iPhone lebih awet dan tidak cepat rusak?

Kesehatan Baterai

Masalah pada iPhone yang seringkali terjadi sebut saja iPhone restart sendiri, keluar dari aplikasi tiba-tiba, cepat panas dan berkurangnya performa alias menjadi lemot / lag, biasanya disebabkan oleh kesehatan baterai yang mulai memburuk, untuk itu sangat penting untuk merawat kesehatan baterai sehingga tetap terjaga dan awet.

Apa saja yang harus dilakukan untuk merawat baterai pada iPhone?

  • Hindari panas berlebih
  • Hindari diisi daya sambil digunakan
  • Hindari menggunakan power bank berkualitas rendah
  • Jika tidak mendesak isi daya sampai 80% saja
  • Sesegera mungkin isi daya ketika baterai telah menyentuh angka 20%
  • Hindari mengisi daya semalaman
  • Jangan pernah membiarkan baterai iPhone kosong apalagi dalam jangka waktu yang lama
  • Kurangi kecerahan layar dan bila perlu gunakan juga mode daya rendah
  • Seringlah mengistirahatkan iPhone beberapa saat sebelum digunakan kembali

Baca Juga : Penyebab Kesehatan Baterai iPhone yang Cepat Menurun

Gunakan Case Tahan Benturan dan Pelindung Layar

Mungkin jarang sekali pengguna iPhone yang tidak pernah sama sekali menjatuhkan iPhonenya, ya selama menggunakan iPhone pasti setidaknya kalian pernah menjatuhkan iPhone tersebut sekali saja mungkin karena faktor ketidaksengajaan. iPhone yang terjatuh bagaikan bertaruh peruntungan, jika beruntung maka iPhone akan aman-aman saja namun jika sedang apes maka bisa saja layar pada iPhone tersebut pecah, retak bahkan iPhone mati total dan tidak mau dinyalakan sama sekali.

Maka dari itu untuk mencegah hal-hal tersebut, menggunakan case yang tahan benturan dan tempered glass (pelindung layar), merupakan hal yang wajib untuk melindungi iPhone kesayangan kalian dari kerusakan akibat terjatuh.


Admin sendiri menyarankan untuk menggunakan case premium dengan sertifikat tahan benturan (biasanya terdapat label drop military grade) dan tempered glass premium yang berkualitas. Dengan menggunakan kedua pelindung tersebut kalian sudah berinvestasi mencegah pengeluaran uang lebih akibat iPhone yang rusak karena terjatuh.

Hindari Merendam iPhone atau Menaruh di bawah Sinar Matahari

Perlu diingat sertifikasi tahan air yang ada pada iPhone sebenarnya tidak membuat iPhone benar-benar tahan air, sertifikasi tahan air pada iPhone lebih khususnya saat ini, digunakan untuk melindungi iPhone dari air yang tidak sengaja mengenai iPhone. Maka dari itulah Apple tidak memberikan garansi pada iPhone yang rusak akibat kemasukan air.

Selain itu iPhone yang terpapar sinar matahari terus menerus dapat menyebabkan kerusakan permanen pada baterai dan komponen lainnya, karena panas pada sinar matahari yang terlalu ekstrem.

Hindari Jailbreak

Mungkin bagi sebagian dari kalian ada yang pernah mendengark soal "Jailbreak"? ya, jailbreak merupakan suatu proses yang digunakan untuk membuka keamanan pada iPhone sehingga kalian dapat memodifikasi iPhone sesuka hati. Namun Apple sendiri melarang adanya jailbreak karena berisiko terjadinya kesalahan, kebocoran data (masalah keamanan) dan stabilitas sistem iPhone.

Dalam ketentuannya Apple tidak menerima garansi iPhone yang rusak akibat di jailbreak.

Selalu Gunakan Aksesoris Apple yang Asli dan Berkualitas

Selain hal-hal di atas pastikan kalian selalu menggunakan aksesoris asli dan resmi dari Apple, misalnya saja kabel data dan adapter kepala charger. Selain itu pastikan juga apabila ingin menggunakan power bank, gunakanlah powerbank yang berkualitas dan memiliki merk dengan reputasi yang baik.


Baca Juga : Ciri-Ciri dan Cara Cek Baterai iPhone Masih Bagus atau Tidak

Apabila di rawat dengan baik, iPhone kalian mungkin dapat bertahan cukup lama hingga bertahun-tahun bahkan setelah kalian mengganti ke iPhone terbaru nantinya.

Baik itu saja penyebab utama yang menyebabkan iPhone menjadi cepat rusak dan tips cara merawatnya agar menjadi lebih awet. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau mungkin sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.

Baca Juga : Cara Menggunakan Aplikasi 3uTools untuk Cek Kondisi iPhone & iPad