Cara Menggunakan Aplikasi 3uTools untuk Cek Kondisi iPhone & iPad

3uTools merupakan salah satu aplikasi multifungsi bagi pengguna iOS / iPadOS seperti untuk memanajemen aplikasi, file, restore firmware hingga salah satu fitur yang paling disukai yaitu dapat digunakan untuk melakukan pengecekan apakah iPhone, iPad ataupun iPod touch yang digunakan merupakan produk yang masih menggunakan komponen-komponen aslinya atau sudah pernah diganti sebelumnya.


Namun sebelum itu admin sendiri sudah pernah membagikan tutorial Cara Cek Apakah iPhone Sudah Pernah Dibongkar atau Service dimana metode yang digunakan menggunakan aplikasi 3uTools ini. Nah pada postingan kali ini admin akan membagikan tutorial cara menggunakan aplikasi 3uTools bagi pengguna yang belum sama sekali mengetahui apa itu aplikasi 3uTools dan bagaimana cara kerjanya, kalau begitu langsung saja ikuti tutorialnya berikut ini.

Apa itu 3uTools?

3uTools merupakan aplikasi multifungsi bagi pengguna iOS / iPadOS iPhone, iPod touch dan iPad. Salah satu fungsi dari aplikasi 3uTools seperti memanajemen file, aplikasi, foto hingga melakukan pengecekan secara detail informasi dari iPhone yang kalian gunakan, seperti apakah komponen kamera, layar, baterai sudah pernah diganti (masih original) atau sudah tidak (kw, oem, tidak asli, sudah pernah diganti).

Saat ini aplikasi 3uTools seringkali digunakan sebagai acuan dalam pembelian iPhone second sampai baru, seperti apakah iPhone tersebut benar-benar second dan belum pernah dibongkar untuk ganti salah satu komponennya atau iPhone tersebut sudah pernah dibongkar untuk diganti salah satu komponennya yang bermasalah (refurbished / rekondisi).

Cara Kerja Aplikasi 3uTools

3uTools merupakan aplikasi yang diinstall ke dalam komputer (saat ini hanya mendukung windows), saat melakukan pemeriksaan kondisi iPhone seperti sudah pernah dibongkar atau ganti komponen, aplikasi 3uTools akan mencocokan nomor seri komponen bawaan pabrik pada iPhone kalian yang seharusnya dan nomor seri komponen yang terbaca pada iPhone kalian setelah dilakukan pengecekan. Apabila terdeteksi cocok maka statusnya normal, namun apabila tidak cocok berarti komponen tersebut sudah diganti.


Cara Menggunakan Aplikasi 3uTools

Untuk menggunakan aplikasi 3uTools dan melakukan pengecekan kondisi komponen-komponen pada iPhone apakah masih asli bawaan iPhone atau sudah pernah diganti (apabila sudah pernah diganti berarti iPhone sudah pernah dibongkar sebelumnya) silakan ikuti tutorialnya berikut ini.

#1 : Pertama silakan siapkan hal-hal yang diperlukan berikut ini:

  • Komputer, Laptop, Netbook atau Notebook dengan OS Windows (untuk saat ini Mac belum didukung)
  • Kabel Data
  • Koneksi Internet (untuk download 3uTools dan iTunes jika belum ada)

#2 : Jika sudah siap semua silakan download aplikasi berikut di komputer kalian:

  • iTunes - DOWNLOAD (jika belum punya, hanya berfungsi sebagai driver iPhone)
  • 3uTools - DOWNLOAD (wajib, yaiyalah)

#3 : Kemudian silakan install kedua aplikasi tersebut di komputer kalian seperti biasanya (install > next > next bgtulah hehe..)

#4 : Sekarang silakan sambungkan iPhone, iPad atau iPod touch kalian yang ingin diperiksa ke komputer menggunakan kabel data (tap Percayai / Trust dan masukan password pada layar iPhone kalian jika diminta)

#5 : Selanjutnya buka aplikasi 3uTools dan pastikan iPhone kalian sudah terdeteksi, jika sudah silakan klik menu View Verification Report


#6 : Apabila muncul peringatan seperti berikut, silakan tap Authorize to View


#7 : Lalu tunggu prosesnya sekitar 10 hingga 15 detik dan hasil laporan dari kondisi iPhone kalian akan muncul, contohnya seperti gambar di bawah berikut


Pada contoh gambar di atas kalian bisa melihat hasil laporan pemeriksaan komponen pada iPhone, iPad ataupun iPod touch. Terdapat 4 menu pada laporan pemeriksaan tersebut, yaitu:

  • Test Item : komponen yang diperiksa
  • Ex-factory Value : nomor seri komponen bawaan pabrik yang seharusnya
  • Read Value : nomor seri komponen yang terbaca pada iPhone kalian
  • Test Result : hasil dari pemeriksaan komponen

Berikut arti dari hasil pembacaan 3uTools :

  • Normal : komponen asli bawaan iPhone yang seharusnya dan hasil pemeriksaan komponen yang ada pada iPhone kalian cocok (menandakan asli dan belum pernah diganti)
  • May be changed : komponen tersebut sudah pernah diganti karena tidak cocok dengan nomor seri komponen pada iPhone yang seharusnya
  • May be damaged : komponen tersebut kemungkinan sedang bermasalah atau tidak bekerja dengan baik sesuai fungsinya
  • Apple Replaced Device : menandakan iPhone tersebut merupakan iPhone yang pengganti dari Apple (bekas digaransikan secara resmi ke Apple)
  • How to judge? : aplikasi 3uTools tidak dapat memastikan karena komponen tersebut tidak dapat dibaca nomor serinya

Dalam laporan tersebut kalian juga dapat menemukan informasi lainnya seperti Production Date (tanggal produksi iPhone tersebut), Battery Life (kesehatan baterai), Jailbroken (pertanda iPhone sudah dijailbreak atau belum) dan lain sebagainya.

Jangan lupa diakhir laporan terdapat Testing Score yang menunjukan nilai keaslian komponen pada iPhone kalian, apabila memang benar-benar normal (iPhone baru dan belum pernah dibongkar untuk ganti part) akan menunjukan Testing Score sebesar 100, namun apabila salah satu atau beberapa komponen sudah pernah maka angkanya akan semakin rendah. Beberapa jenis iPhone seperti CPO (certified pre-owned) memiliki Testing Score sebesar 98% karena merupakan barang refurbished meskipun resmi dari Apple.


Informasi Tambahan

Menu Apple ID Lock menunjukan apakah iPhone tersebut sedang dalam keadaan dilock oleh iCloud, apabila kalian telah melakukan login pada akun iCloud / Apple ID milik kalian sendiri maka hal tersebut normal-normal saja, tetapi apabila kalian belum pernah login Apple ID milik sendiri dan menu Apple ID Lock menunjukan status ON, maka berhati-hati karena iPhone tersebut sedang dilock oleh Apple ID lainnya.

Apakah Aplikasi 3uTools Dapat Dipercaya?

Sejauh ini aplikasi 3uTools dapat memberikan informasi yang sangat terpercaya, karena metode yang digunakan cukup sederhana yaitu membandingkan nomor seri komponen bawaan iPhone (pabrik) yang seharusnya dengan keadaan nomor seri komponen pada iPhone kalian saat ini. Apabila cocok maka akan terdeteksi sebagai Normal, jika tidak cocok maka kemungkinan terbesar komponen tersebut sudah pernah diganti. Ya, cukup sederhana namun sangat informatif.

Baik itu saja informasi yang dapat admin berikan soal cara apa itu 3uTools, cara kerjanya dan bagaimana cara menggunakannya. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.