Cara Restore iPhone Tanpa Harus Update ke iOS Terbaru

Restore iPhone adalah salah satu fitur pada iTunes yang berfungsi untuk mereset dan memperbaiki iPhone, iPad ataupun iPod touch yang bermasalah dengan mengembalikan seluruh pengaturan pada iPhone kalian termasuk menghapus data-datanya hingga benar-benar kosong seperti baru (kembali ke pengaturan pabrik).


Namun perlu diketahui juga bahwa fitur Restore iPhone secara otomatis akan mengupdate iOS pada iPhone, iPad atau iPod touch kalian ke versi terbaru yang tersedia saat ini. Nah bagi kalian yang ingin melakukan Restore iPhone melalui iTunes namun tidak ingin melakukan update ke iOS terbaru, pada postingan kali ini admin akan membagikan cara-caranya.

Baca Juga : Cara Cek Apakah iPhone Sudah Pernah Dibongkar atau Service

Syarat Penting!

Sebelum melanjutkan ada syarat penting yang harus kalian perhatikan untuk melakukan restore iPhone tanpa mengupdate iOS, yaitu versi iOS yang ada pada iPhone kalian sekarang (yang ingin dipertahankan) harus masih di signed oleh Apple, dalam artian versi iOS yang ada pada iPhone kalian masih di buka aksesnya oleh Apple untuk di install, jika tidak maka cara ini tidak dapat kalian lanjutkan.

Bagaimana cara mengetahuinya? mudah sekali kalian cukup membuka situs berikut: https://ipsw.me/ kemudian memilih model perangkat yang kalian gunakan, jika sudah silakan lihat apakah versi iOS yang ada pada iPhone kalian masih di Signed oleh Apple?


Jika status iOS yang ingin kalian pertahankan sudah Unsigned maka tidak ada pilihan selain merestore iPhone tersebut ke iOS versi terbaru yang masih di Signed. Tetapi apabila versi iOS yang ingin kalian pertahankan ternyata masih dalam status Signed maka selamat kalian bisa melakukan restore iPhone tanpa harus upgrade ke iOS versi terbaru.

Kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Cara Restore iPhone Tanpa Harus Update ke iOS Terbaru

*Sebelum melanjutkan jika perlu silakan backup data-data kalian terlebih dahulu, cara dibawah akan menghapus seluruh data pada iPhone kalian*

#1 : Silakan buka situs https://ipsw.me/ kemudian pilih mode perangkat yang kalian gunakan lalu download versi iOS (firmware) yang masih dalam status Signed


File yang didownload memiliki format IPSW, ukuran file beragam namun biasanya diatas 3GB atau 4GB

#2 : Sambil menunggu download silakan buka Pengaturan pada iPhone kalian, kemudian masuk ke menu iCloud, Apple ID, iTunes yang terletak dibagian paling atas aplikasi Pengaturan, jika sudah silakan pilih menu Lacak > Cari iPhone Saya kemudian silakan nonaktifkan menu Cari iPhone Saya (masukan password iCloud jika diminta)

#3 : Apabila sudah selesai semua, silakan sambungkan iPhone kalian ke komputer lalu buka aplikasi iTunes

#4 : Sekarang pada aplikasi iTunes silakan tekan dan tahan tombol Shift (Option untuk Mac) pada keyboard kemudian klik tombol Restore iPhone


#5 : Lalu pilih file IPSW yang tadi sudah kalian download dan klik Open


#6 : Apabila muncul peringatan " iTunes will erase and restore your iPhone... " klik saja Restore

#7 : Terakhir silakan tunggu prosesnya seperti biasa hingga selesai

Bagaimana gampang kan? untuk kedepannya kalian dapat memanfaatkan cara di atas misalnya untuk downgrade atau upgrade versi iOS atau ingin menginstall versi iOS tertentu, tetapi tetap dengan syaratnya yaitu selagi versi iOS yang diinginkan masih di signed oleh Apple maka iOS tersebut dapat diinstall ke dalam iPhone kalian.

Admin sendiri terkadang sering menggunakan cara ini untuk memperbaiki iPhone yang bermasalah karean admin jailbreak, namun ya itu dia untung-untungan, biasanya Apple menutup versi iOS lamanya (unsigned) apabila iOS versi terbaru sudah dirilis.

Baca Juga : Cara Downgrade / Install iOS dan iPadOS versi Beta Menggunakan 3uTools

Baik itu saja cara-cara restore iPhone / memperbaiki iPhone melalui iTunes tanpa mengupdate ke versi iOS terbaru. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.