Cara Menghapus Foto & Video Secara Permanen di iPhone / iPad

Ingin menghapus foto ataupun video di iPhone kalian secara permanen agar tidak dapat dikembalikan lagi dengan cara apapun? tenang saja pada postingan kali ini admin akan membagikan cara, trik dan tips menghapus foto dan video di iPhone ataupun iPad secara permanen selamanya sehingga bisa dikatakan sudah mustahil lagi untuk dikembalikan.


Perlu diketahui juga foto dan video yang kalian hapus secara otomatis tidak begitu saja terhapus, melainkan akan disimpan terlebih dahulu ke dalam folder "Baru Dihapus" selama 30 hari sebelum benar-benar dihapus. Tujuannya tentu saja untuk berjaga-jaga sewaktu-waktu kalian berubah pikiran dan ingin mengembalikkan foto atau video yang dihapus tersebut.
Nah bagi yang sudah bulat ingin membuang foto atau video tersebut selamanya, langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Hapus Foto / Video dari Album Baru Dihapus

Seperti yang sudah admin jelaskan tadi, foto ataupun video yang kalian hapus tidak begitu saja terhapus melainkan akan ditampung dulu ke dalam album "Baru Dihapus", tujuannya untuk berjaga-jaga sewaktu-waktu kalian mengiginkan foto atau video tersebut kembali.

Jadi apabila kalian memang ingin agar foto atua video yang dihapus tersebut hilang selamanya alias permanen silakan hapus juga dari album Baru Dihapus, caranya:

1. Pastikan iPhone sudah terhubung ke Internet (tujuannya agar foto dan video yang ada di iCloud juga terhapus)

2. Jika sudah pada aplikasi Foto silakan masuk ke menu Album kemudian seret ke paling bawah lalu masuk ke menu Baru Dihapus


3. Selanjutnya silakan tap menu Pilih lalu silakan tap pada foto yang akan dihapus permanen atau jika ingin semuanya langsung tap menu Hapus Semua


4. Terakhir silakan tap Hapus (jumlah) Item

Jika sudah maka Foto dan Video tersebut sudah terhapus secara permanen dan sangat mustahil untuk dikembalikan lagi.

Hapus Data Backup iPhone di iTunes (optional)

Apabila sebelumnya kalian pernah membackup data-data pada iPhone ke dalam iTunes di komputer atau Mac, maka foto-foto yang mau kalian hapus permanen tersebut biasanya berada juga pada backupan di iTunes tersebut dan dapat kalian kembalikan sewaktu-waktu jika diinginkan.

Nah jika benar-benar ingin memusnahkan foto atau video tersebut dari muka bumi selamanya, silakan hapus juga backupan iPhone yang ada di iTunes tersebut. Caranya mudah silakan:

1. Buka aplikasi iTunes lalu klik menu Edit > Preferences


2. Selanjutnya masuk ke menu Devices lalu pilih backupan iPhone kalian kemudian klik Delete Backup > Delete lalu klik OK


3. Sekarang data-data pada backupan tersebut sudah musnah selamanya bersama dengan cara pertama di atas

Hapus Seluruh Data iPhone

Cara ini khusus buat kalian yang entah ingin menjual iPhone tersebut atau diserahkan ke orang lain untuk ekstra keamanan, sebab seluruh data pada iPhone akan dihapus secara pemanen dan teramat-sangat mustahil untuk bisa dikembalikan lagi.

Bagaimana caranya? mudah sekali pertama-tama:

  1. Pastikan iPhone kalian sudah dalam keadaan terkunci password (penting untuk enkripsi alias ekstra keamanan)
  2. Kedua silakan keluarkan iCloud kalian (caranya buka aplikasi Pengaturan lalu tap menu iCloud yang berada dipaling atas lalu seret ke bawah dan pilih Keluar)
  3. Ketiga baterai minimal 50% (hubungkan ke pengisian daya jika perlu)

Sebagai tambahan, untuk berjaga-jaga silakan backup data-data yang ingin disimpan terlebih dahulu entah ke iCloud atau komputer

Jika sudah siap langsung saja buka aplikasi Pengaturan lalu masuk ke menu Umum > Atur Ulang lalu pilih Hapus Konten dan Pengaturan. Apabila diminta memasukkan password silakan masukkan password iPhone kalian untuk mengonfirmasi penghapusan.


Terakhir tunggu hingga prosesnya selesai, jika sudah selesai maka data-data pada iPhone tersebut sudah musnah selama-lamanya. Silakan atur kembali iPhone tersebut seperti biasa dan kalau mau di jual jangan diloginkan akun iCloud kalian lagi ya hehe.

Bagaimana menurut kalian? apakah sudah mengikuti cara-cara di atas? jika sudah seharusnya kalian tidak perlu khawatir lagi ya foto atau video yang ingin kalian hapus permanen tersebut bisa dikembalikan lagi ke iPhone kalian (tak terkecuali kalian pernah mengunggah atau menyimpan foto tersebut ditempat lain nah itu beda cerita hehe).


Baik itu saja cara-cara menghapus foto-foto dan video di iOS iPhone, iPod touch dan iPadOS iPad secara permanen. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.