Cara Jailbreak iOS 13 - 13.5 untuk Semua iPhone Menggunakan Oddysey

Kurang lebih hampir 2 bulan setelah diperkenalkan ke publik, aplikasi jailbreak Oddysey besutan @CStar_OW akhirnya secara resmi dirilis ke publik. Jailbreak Oddysey merupakan salah satu jailbreak Open Source yang bersifat Semi-Untethered dan diklaim lebih cepat dan handal dibandingkan dengan aplikasi jailbreak serupa lainnya.


Untuk saat ini aplikasi Oddysey sudah mendukung jailbreak iOS 13.0 hingga iOS 13.5 (termasuk iOS 13.5.5 beta 1) untuk semua perangkat mulai dari iPhone 6S, iPhone 6S Plus, iPhone SE, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone X, iPhone Xr, iPhone Xs, iPhone Xs Max, iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max dan iPhone SE 2020.

UPDATE - 21/11/20 : Aplikasi jailbreak "Odyssey" yang bersifat Semi-Untethered, telah Mendukung Jailbreak Semua Perangkat dengan iOS 13.0 hingga iOS 13.7, caranya silakan baca pada postingan berikut: https://www.pukeva.com/2020/11/odyssey-rilis-jailbreak-ios-13-137-cara.html

Untuk paket manajemen jailbreak, aplikasi Oddysey tentu akan menggandeng Sileo sebagai aplikasi manajemen bawaannya meski begitu kalian tetap bisa menginstall aplikasi Cydia secara terpisah.

Baca Juga : Perbedaan Jailbreak Semi-Untethered, Untethered, Semi-Tethered dan Tethered

Alternatif lainnya apabila kalian menginginkan paket manajemen Cydia sebagai bawaan jailbreak, kalian bisa menggunakan aplikasi Unc0ver dengan dukungan perangkat dan versi iOS yang sama, selengkapnya silakan baca pada postingan berikut: Cara Jailbreak iOS 11 - 13.5 di Semua iPhone & iPad menggunakan Unc0ver

Bagi yang ingin melakukan jailbreak menggunakan aplikasi Oddysey silakan ikuti cara-caranya berikut ini:

Cara Jailbreak iOS 13 - 13.5 untuk Semua iPhone Menggunakan Oddysey

Pertama silakan download terlebih dahulu aplikasi jailbreak Oddysey (format .IPA) versi terbaru melalui link berikut: https://theodyssey.dev/

Setelah aplikasi Oddysey didownload kita perlu menginstallnya ke dalam perangkat yang akan di jailbreak. Kalau begitu langsung saja pilih salah satu metode di bawah berikut untuk menginstall aplikasi Oddysey yang sudah didownload tersebut ke dalam perangkat kalian.

Sebagai tambahan: aplikasi oddysey yang diinstall hanya akan bertahan selama 7 hari, namun selama iPhone tidak di restart maka jailbreak juga tidak akan hilang meskipun aplikasi Oddysey sudah dalam status tidak bisa dibuka lagi dan harus diinstall ulang.

Cara Install aplikasi Oddysey ke dalam iPhone, iPad atau iPod touch (pilih salah satu cara saja)

Cara #1: Install menggunakan AltStore

AltStore merupakan aplikasi yang dirancang khusus untuk memanajemen aplikasi yang diinstall di luar App Store, caranya kerjanya mudah sekali kalian cukup menginstall aplikasi AltStore ke dalam iPhone kalian (menggunakan komputer), kemudian memasukan atau mengirim aplikasi Oddysey ke dalam aplikasi AltStore agar nantinya di install secara otomatis oleh AltStore.

Atau setelah instalasi AltStore ke dalam iPhone selesai, kalian cukup menggunakan tombol Install via AltStore yang terdapat pada website https://theodyssey.dev/

Untuk cara install AltStore beserta cara install aplikasi .IPA (dalam hal ini Oddysey) silakan ikuti tutorial pada link berikut: Cara Install File IPA Di iPhone Dengan AltStore Tanpa Komputer / Jailbreak

Cara #2: Install menggunakan Cydia Impactor (sedang bermasalah)

Saat postingan ini ditulis Cydia Impactor sedang mengalami masalah saat akan mengintall aplikasi, namun apabila sewaktu-waktu Cydia Impactor sudah kembali berjalan, kalian bisa menggunakan cara pada link berikut untuk menginstall aplikasi .IPA (dalam hal ini Oddysey) menggunakan Cydia Impactor: Cara Install Aplikasi IPA di iOS Tanpa Jailbreak

Selain AltStore sebagai alternatif Cydia Impactor, kalian juga dapat memanfaatkan aplikasi 3uTools untuk menginstall file .IPA ke dalam iPhone caranya silakan baca pada postingan berikut: Cara Install File IPA di iPhone Menggunakan 3uTools

Cara #3: Download Menggunakan 3uTools

Cara ini sangat cocok bagi yang tidak ingin repot-repot bermain dengan kedua metode di atas, kalian cukup menginstall aplikasi 3uTools di komputer kalian (khusus pengguna Windows saja), kemudian menghubungkan iPhone yang akan di jailbreak ke komputer lalu buka aplikasi 3uTools kemudian pilih menu Jailbreak dan silakan install jailbreak yang diinginkan, untuk cara selengkapnya silakan kalian baca pada link berikut: Cara Jailbreak iPhone dan iPad Menggunakan 3uTools ( Alternatif )

Cara #4: Menggunakan Toko Aplikasi Pihak Ketiga (tanpa komputer)

Untuk yang satu ini lebih praktis, silakan pilih salah satu toko aplikasi pihak ketiga yang akan digunakan untuk mendownload aplikasi Oddysey. (buka link menggunakan aplikasi browser Safari bawaan iPhone dan iPad)


Cara install store pihak ketiga tersebut hampir sama semua, yaitu silakan buka link salah satu store di atas selanjutnya tap tombol download pada store yang kalian pilih, kemudian masuk ke aplikasi Pengaturan > Umum > Manajemen Profil & Perangkat kemudian pilih menu Profil aplikasi store pihak ketiga yang tersedia lalu tap Percayai dan Install.

Sekarang buka aplikasi Store yang sudah terinstall di iPhone / iPad kalian lalu cari aplikasi Oddysey dan tap Install, kemudian tunggu hingga proses install selesai. Jika sudah silakan buka aplikasi Oddysey.

Apabila muncul error Untrusted Developer / Pengembang Tidak Dipercaya silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > Umum > Manajemen Profil & Perangkat kemudian pilih menu Profil untuk aplikasi Oddysey lalu tap Percayai dan Install

Cara Jailbreak iOS 12.4.8 Menggunakan Aplikasi Oddysey (pastikan aplikasi Oddysey sudah terinstall)

Apabila aplikasi Oddysey sudah berhasil terinstall, silakan ikuti cara di bawah berikut untuk melakukan jailbreak.

*Do it at your own risk!*

1. Silakan backup seluruh data pada perangkat kalian terlebih dahulu untuk berjaga-jaga

2. Jika sudah silakan ikuti beberapa tips berikut untuk memperlancar proses jailbreak:

  • Hapus file OTA update (update iOS) "Jika Ada", caranya buka aplikasi Pengaturan > Umum > Penyimpanan iPhone kemudian cari file iOS (misalnya iOS 13.6.1) lalu hapus file tersebut.
  • Nyalakan Mode Pesawat
  • Nonaktifkan Mode Hemat Daya (jika dinyalakan)
  • Restart iPhone dan tunggu 1 atau 2 menit sebelum menjalankan aplikasi Oddysey

3. Apabila sudah langsung saja buka aplikasi Oddysey kemudian tunggu sekitar 10 - 15 detik lalu tap tombol Jailbreak


4. Apabila perangkat Restart silakan tunggu hingga 1 - 2 menit lalu buka aplikasi Oddysey dan tunggu 10 - 15 detik lalu tap lagi tombol Jailbreak

Ulangi langkah diatas hingga iPhone berhasil terjailbreak dan menampilkan aplikasi Sileo.

Baca Juga : Hal-hal yang Perlu Dilakukan Setelah Jailbreak iPhone & iPad - Untuk Pemula

Baik itu saja cara-cara melakukan jailbreak semua iPhone yang menggunakan iOS 13.0 hingga iOS 13.5 (iOS 13.5.5 beta1) menggunakan aplikasi jailbreak Oddysey.

Ingat jailbreak ini bersifat Semi-Untethered yang mana ketika perangkat yang di jailbreak restart atau mati maka status jailbreak akan hilang sementara, untuk melakukan jailbreak ulang kalian perlu membuka kembali aplikasi Oddysey.

Satu lagi, selama jailbreak hilang sementara tidak ada tweak atau pengaturan jailbreak yang akan hilang dan semua akan kembali setelah proses jailbreak ulang dilakukan.