Pantangan yang Tidak Boleh Dilakukan Pengguna iPhone Bypass

iPhone Bypass merupakan sebutan untuk iPhone yang dipaksa untuk melewati keamanan pada iPhone yang terkunci aktivasi.


Meskipun beberapa iPhone Bypass dapat berjalan dengan baik seperti menggunakan data seluler atau hanya sekedar WiFi saja, mendownload aplikasi di App Store, menerima panggilan telepon dan lain sebagainya. Ada Pantangan atau Hal Penting yang tidak boleh dilakukan pada iPhone Bypass, jika kalian melakukan hal-hal tersebut maka siap-siap kehilangan Bypass dan iPhone tersebut kembali terkunci sehingga tidak bisa digunakan lagi.


Apa saja pantangan dan hal-hal yang tidak boleh dilakukan tersebut?

Memperbarui / Update iOS

Biasanya iPhone yang di Bypass memanfaatkan celah keamanan pada iOS versi tertentu dan apabila kalian melakukan update iOS ke versi terbaru, secara otomatis iPhone akan mengalami masalah serius, yaitu Stuck dilogo Apple yang berakhir pada proses Restore iPhone (perbaikan) melalui aplikasi iTunes.


Nah yang menjadi masalah adalah saat proses perbaikan ini berlangsung secara otomatis iTunes akan menginstall iOS versi terbaru yang tersedia saat itu untuk iPhone kalian. Alhasil iPhone yang sudah di Bypass tersebut kini kembali terkunci dan tidak dapat digunakan lagi.

Menghapus Konten & Pengaturan

Fitur untuk melakukan penghapusan konten dan pengaturan biasanya digunakan untuk membersihkan seluruh data pada iPhone hingga kembali kosong seperti baru. Namun bagi pengguna iPhone Bypass hal ini wajib untuk dihindari, kenapa begitu?


Sebab iPhone yang sudah di Bypass telah melalui proses modifikasi file sistem iOS (mirip jailbreak atau bahkan melalui proses jailbreak), sehingga ketika kalian menggunakan fitur Hapus Konten & Pengaturan maka akan terjadi konflik pada file sistem iOS yang berujung pada stuck di logo Apple.

Jika sudah stuck dilogo Apple maka akan berakhir seperti pantangan pertama di atas, yaitu restore melalui iTunes dan menginstall update terbaru yang berakhir dengan hilangnya Bypass.

Reset Ulang Pengaturan

Meskipun jarang ada beberapa Bypass yang menggunakan trik jaringan tertentu untuk melewati proses aktivasi, sebaiknya bagi pengguna iPhone yang sudah di Bypass untuk menghindari untuk melakukan proses atur ulang jaringan maupun atur ulang pengaturan.

Restore Data iPhone via iTunes

Restore Data melalui iTunes adalah proses yang digunakan untuk mengembalikan data-data yang sebelumnya sudah dibackup ke aplikasi iTunes dan akan kembali memasukannya ke dalam iPhone.

Namun cara ini sangat beresiko membua sistem iOS menjadi crash / bentrok, sebaiknya hindari melakukan proses restore data iPhone melalui iTunes. Sebagai alternatifnya kalian bisa menggunakan cara manual seperti pada postingan berikut: Cara Membuka / Ekstrak File Data Backup iPhone di iTunes

Sembarangan Menginstall Tweak / Menghapus Tweak Tertentu

Apabila iPhone Bypass yang kalian gunakan disertai juga dengan aplikasi manajemen Jailbreak seperti Cydia, pastikan saat menginstall tweak tertentu kalian memperhatikan tweak apa saja yang kalian install. 

Jika kalian salah menginstall tweak yang tidak kompatibel / cocok, maka resiko besar yang berujung pada stuck dilogo Apple.

Mematikan / Restart iPhone


Beberapa iPhone hanya dapat di Bypass melalui metode Semi-Tethered yang artinya ketika iPhone masuk ke dalam keadaan mati / restart maka Bypass akan hilang dan iPhone kembali terkunci. Bagi yang memiliki iPhone dengan metode Bypass Semi-Tethered atau bahkan Tethered ini, harap untuk tidak mematikan iPhone ataupun restart kecuali kalian tahu bagaiamana untuk melakukan proses Bypass kembali.

Mengganti Baterai di Gerai Apple / Apple Store

Baterai pada iPhone akan menurun keandalan dan kapasitasnya seiring dengan penggunaan, namun perlu diperhatikan sebaiknya kalian menghindari atau menanyakan terlebih dahulu saat ingin mengganti baterai di Apple Store resmi Apple.

Kenapa begitu? biasanya saat melakukan penggantian baterai iPhone, Apple Store akan melakukan update iOS yang bertujuan untuk melakukan diagnosa dan kalibrasi baterai baru, meskipun tidak semua Apple Store melakukan hal tersebut, namun penting kalian perhatikan dan tanyakan terlebih dahulu ketika ingin mengganti baterai.


Ya, itu saja pantangan-pantangan yang harus kalian hindari ketika menggunakan iPhone hasil Bypass. Jika dilihat-lihat memang pantangan yang harus dihindari pengguna iPhone Bypass sama seperti pantangan pada iPhone yang di Jailbreak, karena pada dasarnya iPhone yang di Bypass biasanya akan melewati proses Jailbreak terlebih dahulu, yang membedakan hanyalah tujuannya saja.

Baik itu saja pantagan dan hal-hal yang dilarang dan tidak boleh dilakukan oleh pengguna iPhone hasil Bypass. Apabila ada yang ingin kalian tanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.