Apakah iOS versi Beta Aman untuk Diinstall dan Digunakan Sehari-hari?

Sebelum dirilis ke publik, iOS sudah melewati beberapa tahap percobaan (beta) yang dimaksudkan agar para developer dan pengguna terdaftar dapat menguji apakah iOS tersebut sudah layak untuk dirilis ke publik atau belum. Kenapa harus diuji? sebab iOS versi beta masih menyimpan cukup banyak Bug (kesalahan) yang mungkin saja dapat mengganggu kenyamanan dan keamanan bagi penggunanya.


Apakah iOS versi Beta Aman untuk Diinstall?

Untuk soal keamanan sistem antara iOS versi Beta dan iOS versi publik bisa dikatakan tidaklah berbeda jauh, sedangkan untuk urusan apakah iOS versi beta aman untuk diinstall atau tidak, tentu saja jawabannya adalah Aman.

Saat ini terdapat dua iOS versi Beta yang tersedia, yaitu Beta Developer dan Beta Publik. Bagi pengguna biasa kalian disarankan untuk menggunakan versi Beta Publik yang dapat diinstall melalui halaman resmi Apple, baca cara-caranya bisa kalian baca melalui postingan berikut: Cara Install iOS / iPadOS versi Beta Tanpa PC

Sedangkan iOS Beta Developer hanya diperuntukan khusus bagi Developer yang sudah terdaftar saja.

Apakah iOS versi Beta Cocok Digunakan?

Tergantung tujuan kalian mengapa ingin menginstall iOS versi beta, jika tujuannya hanya ingin sekedar merasakan fitur terbaru lebih dulu sebelum dirilis ke publik tentu saja tidak menjadi masalah. Sebagai contoh untuk saat postingan ini ditulis iOS 14 belum secara resmi dirilis ke publik, namun versi percobaannya sudah dapat kalian install dan bisa dinikmati terlebih dahulu dibandingkan dengan pengguna lainnya.

Admin sendiri tidak merekomendasikan kalian untuk menggunakan iOS versi beta untuk digunakan sehari-hari, namun jika kalian ingin tetap menggunakannya tentu saja tidak menjadi masalah, tetapi pastikan kalian menginstall iOS versi beta melalui halaman resmi Apple saja.

Halaman resmi Apple untuk daftar Program iOS versi Beta: https://beta.apple.com/sp/betaprogram/

Baik itu saja informasi apakah iOS versi beta aman untuk diinstall dan dapat digunakan untuk penggunaan sehari-hari. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.