Cara Mengatasi Suara Headphone / Earphone di iPhone terasa Kecil

Apabila kalian mengalami masalah pada Headphone (earphone, earbuds, headset, airpods) yang suaranya kecil saat digunakan pada iPhone maupun iPad, pada postingan kali ini admin akan membagikan beberapa cara yang dapat kalian coba lakukan untuk mengatasinya.


Kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya di bawah berikut:


Pastikan Volume sudah Dinaikkan Hingga Penuh

Jangan lupa besarkan Volume pada iPhone kalian hingga ke paling penuh alias mentok, gunakan tombol Volume atau akses melalui Pusat Kontrol. Jika masih tidak berhasil juga langsung saja terapkan cara selanjutnya berikut ini.

Nonaktifkan fitur Kurangi Bunyi Keras

Dimulai dari iOS 14 sudah terdapat fitur Kurangi Bunyi Keras yang berfungsi untuk membatasi besarnya suara yang dapat dihasilkan oleh Headphone yang kalian gunakan. Silakan nonaktifkan fitur tersebut apabila sedang dalam keadaan aktif, caranya:

  1. Buka aplikasi Pengaturan
  2. Masuk ke menu Bunyi & Haptik
  3. Kemudian pilih menu Kurangi Bunyi Keras
  4. Selanjutnya silakan nonaktifkan fitur Kurangi Bunyi Keras tersebut

Coba Hubungkan Kembali

Apabila belum berhasil juga, silakan coba hubungkan kembali sambungan antara headphone ke iPhone kalian.

Untuk pengguna Headphone dengan kabel silakan dicabut kemudian hubungkan kembali, sedangkan untuk pengguna Headphone (earbuds, airpods dll) dengan sambungan bluetooth silakan nonaktifkan koneksi bluetooh kemudian nyalakan dan hubungkan kembali.

Restart iPhone

Terlihat sederhana, namun biasanya trik ini ampuh mengatasi masalah suara headphone yang kecil yang diakibatkan oleh Bug pada iPhone. Caranya mudah silakan nonaktifkan iPhone kalian kemudian nyalakan kembali.

  • Untuk iPhone dengan tombol Home silakan tekan dan tahan tombol Power lalu geser menu "geser-matikan"
  • Untuk iPhone layar penuh dengan Face ID silakan tekan dan tahan tombol Power bersamaan dengan tombol Volume Bawah lalu geser menu "geser-matikan"

Cek Pengaturan Suara pada Aplikasi / Game

Apabila suara kecil tersebut hanya terjadi pada salah satu aplikasi atau games, pastikan kalian telah mengatur pengaturan volume pada aplikasi atau games tersebut ke level paling keras. Biasanya beberapa aplikasi terutama game memiliki pengaturan suaranya sendiri yang dapat disesuaikan.

Bersihkan Port / Konektor

Apabila headphone kalian menggunakan sambungan kabel, coba bersihkan port (tempat colokkan) yang ada di dalam iPhone dengan cara ditiup atau gunakan kuas halus untuk membersihkannya apabila terdapat kotoran (debu) yang menumpuk sehingga menutup sebagian permukaan lubang.


Bagaimana apakah sudah berhasil? apabila belum juga berhasil jika memungkinkan coba gunakan headphone lainnya dan lihat hasilnya, apabila suara pada headphone lain terasa keras maka kemungkinan besar headphone pertama kalian mengalami masalah. Untuk memastikannya lagi coba juga gunakan headphone tersebut di smartphone lainnya dan cek hasilnya.

Baik itu saja cara-cara mengatasi suara headphone, earphone, headset, earbuds, airpods dan lain sebagainya yang terasa kecil saat digunakan di iPhone dan iPad. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.