Cara Membatasi Bunyi Maksimal Headphone di iPhone

Menurut keterangan dari fitur kesehatan di iPhone, bunyi maksimal yang disarankan saat mendengarkan musik atau bunyi lainnya dengan atau tanpa menggunakan Headphone (termasuk earbuds, headset, airpods dll), terbatas sebesar 80dB (Desibel) saja. Mendengarkan suara terlalu kencang melebihi 80dB dapat meningkatkan resiko gangguan hingga kerusakan pada pendengaran.


Nah bagi kalian yang ingin merawat kesehatan pendengaran alangkah baiknya untuk membatasi besarnya level suara saat sedang menggunakan Headphone. Di iPhone sendiri (mulai dari iOS 14) kalian sudah bisa membatasi kerasnya bunyi saat menggunkan Headphone, pilihan kerasnya bunyi dimulai dari 75dB - 100dB.

Bagi yang tertarik langsung saja ikuti cara berikut untuk membatasi / mengatur keras maksimal bunyi yang dihasilkan oleh Headphone melalui iPhone, iPad atau iPod touch.

Cara Mengatur Keras Bunyi Maksimal Headphone di iPhone

cara ini hanya belaku bagi pengguna iOS 14 atau iPadOS 14 dan lebih baru

#1 : Pertama silakan buka aplikasi Pengaturan

#2 : Kemudian masuk ke menu Bunyi & Haptik

#3 : Lalu masuk lagi ke menu Kurangi Bunyi Keras


#4 : Sekarang silakan nyalakan fitur Kurangi Bunyi Keras kemudian geser menu untuk membesarkan atau mengecilkan batas bunyi maksimal


#5 : Kalian disarankan untuk menggunakan maksimal bunyi sebesar 80 desibel saja, apabila lebih dari itu maka sudah kurang baik lagi bagi pendengaran jika digunakan dalam jangka panjang

Dikutip dari Artikel Pendengaran di iPhone, berikut adalah keterangan batas maksimal bunyi yang baik bagi kesehatan pendengaran manusia menurut Organisasi Kesehatan Dunia.

  • Bisikan = 30 - 39 dB
  • Perpustakaan = 40 - 49 dB
  • Hujan Sedang = 50 - 59 dB
  • Percakapan = 60 - 69 dB
  • Penyedot Debu = 70 - 79 dB (batas pemaparan 75 dB: 127 jam/7hari)
  • Restoran Berisik = 80 - 89 dB (batas pemaparan 80 dB: 40 jam/7hari)
  • Sepeda Motor = 90 - 99 dB (batas pemaparan 90 dB: 4 jam/7hari)
  • Sirine Ambulans = 100 - 109 dB (batas pemaparan 100 dB: 24 menit/7hari)
  • Konser Rock = 110 - 119 dB (batas pemaparan 75 dB: 4 menit/7hari)
  • Petir = 120 - 130 dB (batas pemaparan 120 dB: 1 menit/7hari)

Nah bagaimana menurut kalian? tentu penting sekali untuk menjaga pendengaran kita dan menghindari dari masalah dikemudian hari, apalagi di iPhone sudah ada fitur yang dapat membatasi kerasnya bunyi suara sesuai dengan yang direkomendasikan.

Baik itu saja informasi cara mengatur keras bunyi maksimal headphone di iPhone, iPad dan iPod touch. Apabila ada yang ingin ditanyakan atua sampaikan silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.