Cara Menghapus Kontak di iPhone Secara Bersamaan / Sekaligus Banyak

iPhone sendiri sampai saat ini tidak menyediakan pilihan yang dapat digunakan untuk menghapus kontak sekaligus banyak dalam sekali tekan. Namun tenang saja bagi kalian yang ingin menghapus seluruh kontak-kontak yang tidak diinginkan lagi sekaligus banyak dalam satu waktu, entah kontak dari email atau kontak pengguna yang sudah diinginkan lagi, pada postingan kali ini admin akan membagikan cara-caranya.


Namun sebelum melanjutkan perlu diketahui juga bahwa, selain kontak yang kalian buat sendiri apabila sebelumnya kalian pernah memasukkan atau login email di iPhone, maka secara otomatis kontak pada Email akan tersimpan / ditambahkan juga ke dalam kontak di iPhone kalian, hal inilah yang seringkali admin temukan ketika banyak pengguna yang kebingungan kontak di iPhone mereka tiba-tiba bertambah sendiri.


Baik kalau begitu langsung saja berikut cara menghapus kontak di iPhone secara bersamaan / sekaligus banyak

Menghapus atau Menyembunyikan Kontak dari Email

Sebelum melanjutkan, apabila kontak yang ingin dihapus tersebut diyakini berasal dari Email (biasanya setelah login email) atau mungkin kalian tidak tahu dari mana asalnya, silakan coba dulu cara-cara berikut ini.

#1 : Silakan buka aplikasi Kontak atau Telepon > Kontak

#2 : Jika sudah tap menu Grup dipojok kiri atas

#3 : Selanjutnya hilangkan centang pada kontak dari Email yang tidak diinginkan


#4 : Kemudian tap Selesai dan lihat hasilnya

Apabila kontak yang tidak diinginkan tersebut sudah menghilang berarti benar bahwa kontak yang tidak diinginkan tersebut berasal dari Email, namun jika tidak, silakan nyalakan kembali centang seperti yang ditunjukkan pada gambar langkah ke #3 di atas.

Untuk menghilangkan total kontak dari Email di iPhone, kalian bisa masuk ke aplikasi Pengaturan > Kontak > Akun > (pilih menu email kalian) lalu nonaktifkan menu Kontak.


Jika cara-cara di atas bukanlah cara yang kalian cari langsung saja ikuti cara berikut ini untuk menghapus kontak-kontak di iPhone kalian sekaligus banyak dalam sekali hapus.

Menghapus Kontak di iPhone Sekaligus Banyak Secara Bersamaan

Disini kita akan menggunakan 2 cara, yang pertama melalui iPhone langsung yaitu dengan bantuan aplikasi dan yang kedua melalui iCloud (butuh komputer).

Cara #1 : Menggunakan Aplikasi Groups

#1 : Pertama silakan download dan install aplikasi Groups dari App Store (gratis koq): https://apps.apple.com/id/app/groups/id407855546?l=id

#2 : Jika sudah silakan buka aplikasi Groups lalu pilh menu All Contacts


#3 : Selanjutnya silakan tap menu centang pada kontak yang akan dihapus


#4 : Setelah itu silakan tap menu Choose Action kemudian pilih Delete Contacts


#5 : Apabila muncul peringatan "Are you sure about this?" tap saja Remove from my iPhone!

#6 : Terakhir silakan cek kontak di iPhone kalian dan lihat hasilnya.

Cara #2 : Melalui iCloud

#1 : Silakan Login ke akun iCloud kalian melalui Komputer melalui situs iCloud berikut: https://www.icloud.com/

#2 : Jika sudah silakan pilih menu Kontak


#3 : Selanjutnya tahan CTRL pada Keyboard lalu klik pada kontak mana saja yang akan dihapus

#4 : Setelah selesai klik icon gear / pengaturan yang ada dipojok kiri bawah


#5 : Kemudian pilih menu Delete


#6 : Apabila muncul peringatan Delete the * Selected Contacts? pilih saja Delete lagi

#7 : Terakhir silakan cek kontak kalian dan lihat hasilnya.

Bagaimana apakah sudah berhasil? jika salah satu cara di atas memang tidak ada yang kalian sukai, mau tidak mau kalian harus menghapus kontak pada iPhone kalian secara satu-per-satu. Bagi yang belum mengetahui cara menghapus kontak di iPhone silakan: Tap pada kontak yang akan dihapus lalu tap lagi tombol Edit, jika sudah scroll ke bawah dan pilih menu Hapus.


Baik itu saja cara-cara menghapus kontak di iPhone secara bersamaan atau sekaligus banyak. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.