Status Jailbreak iOS / iPadOS 13.7 untuk iPhone dan iPad

Apple baru saja merilis iOS 13.7 yang kemungkinan besar akan menjadi versi terakhir dari iOS 13 sebelum Apple merilis iOS 14 dalam waktu dekat. Dalam updatenya kali ini iOS 13.7 sendiri tidak banyak membawa perubahan kecuali fitur Pemberitahuan Pemaparan Covid-19 dan beberapa perbaikan bug lainnya.


Status Jailbreak iOS 13.7 dan iPadOS 13.7

Nah bagi kalian pengguna iPhone maupun iPad yang sudah update atau menggunakan iOS 13.7 dan menginginkan Jailbreak, untuk saat ini iOS 13.7 sudah bisa di jailbreak menggunakan aplikasi Checkra1n yang bersifat Semi-Tethered.

UPDATE - 21/11/20 : Aplikasi jailbreak "Odyssey" yang bersifat Semi-Untethered, telah Mendukung Jailbreak Semua Perangkat dengan iOS 13.0 hingga iOS 13.7, caranya silakan baca pada postingan berikut: https://www.pukeva.com/2020/11/odyssey-rilis-jailbreak-ios-13-137-cara.html

Baca Juga : Perbedaan Jailbreak Semi-Untethered, Untethered, Semi-Tethered dan Tethered

Namun sayangnya aplikasi jailbreak Checkra1n hanya mendukung jailbreak untuk pengguna iPhone 6S, iPhone 6S Plus, iPhone SE 2016, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8, iPhone 8 Plus dan iPhone X.

Sedangkan bagi pengguna iPhone Xr, iPhone Xs, iPhone Xs Max, iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max dan iPhone SE 2020 yang sudah menggunakan iOS 13.7, untuk saat ini belum ada satupun aplikasi jailbreak yang tersedia.

Cara Jailbreak iOS 13.7 menggunakan aplikasi Checkra1n

Ingat cara ini khusus pengguna iPhone X atau lebih lama saja.

Sedikit informasi, Checkra1n merupakan aplikasi Jailbreak yang menggunakan exploit checkm8 bersifat hardware-based atau permanen sehingga tidak dapat ditambal oleh Apple melalui update iOS versi berapapun, exploit ini hanya berimbas mulai dari iPhone 5S hingga iPhone X saja. Hal inilah yang menyebabkan mengapa iPhone X atau lebih lama selalu mendapatkan jailbreak lebih awal dibandingkan dengan model iPhone terbaru lainnya.

Bagi yang ingin melakukan jailbreak menggunakan aplikasi Checkra1n, cara selengkapnya silakan baca pada postingan berikut: Cara Jailbreak Semua iOS (iPhone 5S - X) Menggunakan Checkra1n

Sedangkan bagi pengguna iPhone Xr atau lebih baru, jika mengiginkan jailbreak pastikan tetap bertahan pada iOS 13.7 dan hindari update ke iOS terbaru sampai ada informasi lebih lanjut.