Download: Apple Rilis iOS / iPadOS 13.7 - Apa yang Baru?

Kali ini Apple kembali merilis iOS / iPadOS 13.7 yang hanya membawa satu perubahan penting yaitu kemampuan untuk mengaktifkan Pemberitahuan Pemaparan Covid-19 secara Offline alias tanpa perlu mendownload aplikasi lagi. Tentu fitur tersebut hanya dapat dirasakan apabila mendapat dukungan dari lembaga kesehatan berwenang yang ada di Indonesia, yang mana admin sendiri pun tidak mengetahuinya.

Ada kemungkinan besar juga iOS 13.7 ini akan menjadi versi terakhir dari iOS 13, mengingat pada bulan september mendatang saat Apple memperkenalkan iPhone terbarunya, iOS 14 juga akan dirilis ke publik.


Meskipun begitu dalam keterangannya iOS / iPadOS 13.7 tetap membawa sejumlah perbaikan Bug.

iOS 13.7 dan iPadOS 13.7 - Apa saja yang Baru?

Berikut informasi yang dikutip dari pesan update iOS 13.7:

iOS 13.7 memungkinkan Anda untuk mengaktifkan sistem Pemberitahuan Pemaparan Covid-19 tanpa harus mengunduh app. Ketersediaan sistem bergantung pada dukungan dari lembaga kesehatan berwenang setempat. Rilis ini juga disertai perbaikan bug lainnya untuk iPhone Anda.

Saat ini iOS 13.7 sudah dapat kalian download dan install secara langsung melalui iPhone atau iPad kalian, caranya silakan siapkan koneksi internet (Wi-Fi) kemudian buka aplikasi Pengaturan lalu masuk ke menu Umum > Pembaruan Perangkat Lunak setelah itu tap Unduh dan Install.

Bagi yang ingin menginstall IPSW / firmware iOS 13.7 secara manual, silakan download melalui link berikut ipsw.me kemudian install melalui cara yang sudah admin jelaskan pada postingan berikut: Cara Download, Install dan Restore IPSW / Firmware iOS iPhone

Status Jailbreak iOS 13.7

Saat postingan ini ditulis iOS 13.7 sudah dapat di jailbreak menggunakan aplikasi Checkra1n, namun hanya terbatas pada iPhone 6S, iPhone 6S Plus, iPhone SE 2016, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8, iPhone 8 Plus dan iPhone X.

Jailbreak Checkra1n juga bersifat Semi-Tethered yang mana apabila perangkat mati maka jailbreak akan hilang dan setiap kali ingin melakukan jailbreak ulang dibutuhkan bantuan dari komputer atau mac. Apabila tertarik silakan baca cara-caranya pada postingan berikut: Cara Jailbreak Semua iOS (iPhone 5S - X) Menggunakan Checkra1n

UPDATE - 21/11/20 : Aplikasi jailbreak "Odyssey" yang bersifat Semi-Untethered, telah Mendukung Jailbreak Semua Perangkat dengan iOS 13.0 hingga iOS 13.7, caranya silakan baca pada postingan berikut: https://www.pukeva.com/2020/11/odyssey-rilis-jailbreak-ios-13-137-cara.html