Cara Menghapus Event / Acara Berlangganan di Kalender iPhone

Biasanya ketika pengguna login atau memasukkan email ke dalam iPhone, seluruh acara pada email tersebut termasuk informasi kontak yang ada didalamnya secara otomatis akan disinkronkan ke dalam aplikasi Kalender, sehingga kalian akan menemukan banyak event atau acara yang ada pada email kalian masuk ke dalam aplikasi Kalender.

Namun disamping itu tidak jarang juga pengguna yang tiba-tiba menerima spam iklan atau acara tidak dikenal dari aplikasi Kalender (biasa disebut juga sebagai Virus Kalender iPhone), yang mungkin berasal dari website yang sebelumnya secara tidak sadar pengguna telah menekan tombol "Subscribe" atau berlangganan.


Bagi sebagian pengguna mungkin acara-acara tersebut sangatlah mengganggu, terutama yang mungkin berasal dari sumber tidak dikenali yang seringkali mengirimkan spam.

Solusinya pengguna dapat menghapus atau menyembunyikan acara yang tidak diinginkan tersebut. Kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Baca Juga : Cara Berbagi Catatan ke Sesama Pengguna iPhone / iPad

Cara Menghapus Langganan (Subscribe) Event / Acara di Kalender iPhone

Untuk menghapus Total sumber acara kalender yang mungkin tidak dikenali / diinginkan (Virus Kalender iPhone), langsung saja ikuti cara-cara berikut ini.

1. Buka aplikasi Pengaturan iPhone

2. Kemudian masuk ke menu Kalender > Akun > Kalender Langganan


3. Selanjutnya silakan pilih dan hapus kalender yang tidak diinginkan / dikenali


Menghapus Event / Acara Kalender Tertentu

1. Buka aplikasi Kalender iPhone

2. Lalu tap pada menu "Kalender" yang ada dibagian bawah


3. Untuk menghapus acara tersebut dari kalender kalian silakan tap icon (i) disamping nama penyedia acara


4. Selanjutnya tap pada menu Hapus Kalender


Cara Menyembunyikan Event / Acara dari Kalender iPhone

1. Buka aplikasi Kalender di iPhone

2. Kemudian tap pada menu "Kalender" yang ada di bagian bawah


3. Untuk menyembunyikan acara, tap SEMBUNYIKAN SEMUA atau tap satu-per-satu tanda centang disamping nama acara


4. Jika sudah silakan tap Selesai (pojok kanan atas) dan lihat hasilnya.

Menghentikan Sinkronisasi (subscribe) Pengingat Event / Acara dari Email dan Sumber lainnya

Khusus untuk menghapus acara atau event di kalender yang bersumber dari akun Email atau lainnya tanpa menghapus akun tersebut dari iPhone, silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > Kalender > Akun kemudian tap pada akun yang diinginkan dan nonaktifkan menu Kalender.

Khusus iOS 13 menunya terdapat pada Pengaturan > Kata Sandi & Akun


Bagaimana gampang kan? selanjutnya apabila ada undangan atau langganan acara di kalender yang tidak diinginkan kalian cukup mengikuti cara-cara di atas untuk menghapus atau menyembunyikannya.

Selain itu apabila kalian tidak ingin ada notifikasi apapun dari aplikasi Kalender, kalian bisa juga menonaktifkan notifikasi untuk aplikasi Kalender melalui aplikasi Pengaturan > Pemberitahuan > Kalender lalu nonaktifkan menu Izinkan Pemberitahuan.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Suara saat Mengetik di iPhone

Baik itu saja cara-cara menghapus acara, event, atau langganan yang ada pada kalender iPhone. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.