Cara Berbagi Catatan ke Sesama Pengguna iPhone / iPad

Apabila kalian sering menggunakan aplikasi Catatan di iPhone atau iPad entah untuk mengerjakan tugas, menulis jadwal, menulis daftar menu atau untuk keperluan lainnya, kalian bisa membagikan catatan tersebut kepada sesama pengguna iPhone lainnya, dalam artian catatan tersebut dapat diedit bersama-sama atau mungkin kalian hanya ingin sekedar membagikannya saja tanpa bisa diedit.


Dengan membagikan catatan tersebut secara otomatis pengguna lain dapat melihat dan mengubahnya, perubahan yang terjadi catatan tersebut secara otomatis akan terbagi rata ke seluruh pengguna yang telah diberikan akses. Hal ini sangat berguna jika kalian ingin membagikan tugas kalian ke sesama pengguna iPhone untuk dikerjakan bersama atau sekedar untuk "chat rahasia"? terserah kalian hehe.

Baca Juga : Cara Mengirim Catatan di iPhone dalam Bentuk Dokumen PDF

Baik kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Cara Berbagi Catatan untuk Diedit Bersama-sama oleh pengguna iPhone, iPod touch & iPad

#1 : Pertama silakan pilih terlebih dahulu catatan mana yang akan dibagikan untuk diedit bersama-sama

#2 : Jika sudah tap menu Berbagi yang ada dipojok kanan atas, lalu pilih menu Bagikan catatan


#3 : Selanjutnya silakan pilih jalur media yang akan digunakan untuk membagikan catatan tersebut, supaya lebih mudah admin lebih memilih untuk Salin Link


#4 : Sekarang pilih kontak yang akan dibagikan, pastikan kalian memilih kontak tersebut berdasarkan akun iCloud yang ia gunakan (agar lebih mudah masukkan saja alamat email iCloudnya)


#5 : Setelah kontak dimasukkan silakan tap menu Salin Tautan dan bagikan link tersebut ke pengguna iPhone lainnya sebagai akses masuk untuk menggunakan catatan bersama-sama

Baca Juga : Cara Scan Dokumen di iPhone Menggunakan Aplikasi Catatan

#6 : Selanjutnya bagi pengguna yang sudah dikirimkan atau menerima link tersebut silakan buka linknya lalu tap menu Buka


#7 : Jika berhasil seacara otomatis kalian akan di bawa ke dalam aplikasi Catatan dan catatan yang akan diedit bersama akan muncul di sana


#8 : Catatan yang dibagikan memiliki tanda seperti yang ditunjukkan pada gambar pertama di atas.

Selanjutnya apabila ada salah satu pengguna yang mengedit catatan tersebut maka perubahannya akan berdampak kepada semua pengguna yang telah dibagikan.

Bagi yang hanya ingin mengatur catatan tersebut, entah ingin agar catatan tidak bisa diedit, menambah pengguna lainnnya, menghapus pengguna dan lain sebagainya silakan ikuti cara berikut ini:

Cara Mengatur Akses Pengguna pada Catatan

Ingat, hal ini hanya dapat dilakukan oleh pemilik asli catatan tersebut.

#1 : Silakan tap menu Berbagi lagi yang ada dipojok kanan atas

#2 : Jika sudah silakan tap menu Kelola Catatan Bersama


#3 : Sekarang silakan pilih pengguna yang akan diatur lalu silakan atur sendiri izin yang kalian inginkan, untuk menambahkan pengguna lainnya kalian bisa menggunakan menu Tambah Orang seperti yang ditunjukkan pada gambar kedua di atas.

Baca Juga : Cara Mengganti Foto Profil iCloud di iPhone & iPad

Nah bagaimana gampang kan? selain itu kalian juga bisa menggunakan cara-cara di atas untuk melakukan chat rahasia ke sesama pengguna iPhone, lagipula tidak banyak kan pengguna iPhone yang mengetahui cara ini?

Baik itu saja informasi cara berbagi catatan ke sesama pengguna iPhone, iPad ataupun iPod touch untuk diedit bersama-sama. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.

Baca Juga : Cara Mengembalikan Catatan Yang Terhapus / Hilang Di iPhone
Baca Juga : Cara Bermain Game melalui iMessage di iPhone, iPad dan iPod touch