Lebih Baik Pilih iPhone Second atau Refurbished? Mana yang Awet?

Di antara iPhone Second dan iPhone Refurbished / Rekondisi yang manakah yang paling bagus, mending, awet dan lebih baik untuk dipilih?


Pertama-tama kita ketahui dulu apa sih iPhone Second dan iPhone Refurbished?

  • iPhone Second Hand: merupakan iPhone yang dijual dalam kondisi sudah pernah dipakai sebelumnya
  • iPhone Refurbished / Rekondisi: merupakan iPhone yang sebelumnya rusak atau bermasalah kemudian diperbaiki dan akhirnya dijual kembali

Jika kalian bertanya antara iPhone second dan refurbished lebih baik atau mending yang mana, semuanya tergantung kondisi. Sebab iPhone refurbished juga dapat dikatakan sebagai iPhone second karena kondisi sebelumnya pasti bekas dipakai juga.

Namun mari kita anggap saja iPhone Second disini dalam artinya tidak pernah dibongkar sama sekali alias belum pernah di service, sedangkan iPhone refurbished merupakan iPhone rusak yang diperbaiki kemudian dijual kembali.

Jadi mana yang lebih baik? iPhone Second atau Refurbished?

Singkat cerita, tentu iPhone Second jauh lebih baik dipilih ketimbang iPhone Refurbished karena kondisi komponennya yang masih utuh seperti sediakala (dengan catatan: belum pernah dibongkar atau service). Kenapa iPhone Second lebih terjamin kualitasnya? karena memang masih menggunakan komponen asli bawaan pabrik dibandingkan dengan iPhone Refurbished yang sudah pernah diperbaiki dengan komponen yang belum tentu asli dan terjamin kualitasnya.

Untuk cek apakah iPhone pernah dibongkar, diganti komponen / part atau diservice sebelumnya, kalian bisa menggunakan aplikasi 3uTools, selengkapnya silakan baca pada postingan berikut: Cara Cek Apakah iPhone Sudah Pernah Dibongkar atau Service

Namun tidak semua iPhone Refurbished itu buruk, iPhone Refubished Resmi dari Apple atau CPO (Certified Pre-Owned) memiliki kualitas yang baik, bahkan sebaik iPhone baru karena proses perbaikannya ditangani sendiri oleh Apple dengan pengujian yang ketat.

Tetapi apabila iPhone Refurbished tersebut tidak jelas asal-usulnya alias abal-abal (bukan iPhone CPO atau service tidak ditangani oleh tenaga ahli Apple langsung), silakan ambil iPhone Second yang belum pernah diservice untuk mendapatkan kualitas komponen yang lebih baik.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Selain "Second dan Refurbished"

Selain kedua hal di atas penting juga untuk diperhatikan sebelum membeli iPhone Second atau Refurbished agar tidak menyesal nantinya. Apa sajakah itu?

#1 : Kondisi Fisik

Pastikan kondisi fisik pada iPhone yang akan kalian beli dalam keadaan bagus dan tidak ada masalah serius, misalnya saja layar retak atau pecah, body bengkok, lensa kamera pecah, tombol kendur dan lain sebagainya. Pastikan memilih iPhone dengan kondisi yang mulus dan normal.

#2 : Cek Fungsi

Fungsi-fungsi pada iPhone juga merupakan hal yang penting untuk diperhatikan, misalnya saja fungsi kamera, touch id atau face id, tombol-tombol, speaker, fitur true tone pada layar dan lain sebagainya. Pastikan seluruh fungsi pada iPhone berjalan dengan normal.

Baca Juga : Cara Test / Cek Layar True Tone Pada iPhone Apakah Berfungsi atau Tidak

#3 : Cek Kesehatan Baterai

Baterai merupakan komponen paling vital pada iPhone, kualitas baterai (kesehatan baterai) yang buruk dapat mempengaruhi kualitas dari iPhone itu sendiri. Untuk penggunaan jangka panjang pastikan kesehatan baterai iPhone tidak kurang dari 80% atau lebih baik lagi jika di atas 90%.

Baca Juga : Berikut Batas Kesehatan Baterai iPhone Yang Baik Sebelum Perlu Diganti

#4 : Pastikan Bukan iPhone Bypass

Saat ini sudah banyak beredar iPhone Bypass, yaitu iPhone yang sebelumnya terkunci keamanan iCloud lalu dibuka paksa menggunakan metode Bypass. Banyak sekali kekurangan dari iPhone Bypass ini mulai dari tidak bisa update iOS, resiko terkunci kembali dan lain sebagainya.

Baca Juga : Resiko dan Ciri-Ciri iPhone Hasil Hack / ByPass iCloud

#5 : Pastikan bukan iPhone SU

Saat ini pengelompokan model jaringan iPhone terbagi menjadi dua yaitu iPhone FU dan SU, iPhone SU (software unlock) adalah iPhone yang jaringannya terkunci pada operator tertentu kemudian dibuka secara paksa untuk dapat menggunakan jaringan yang diinginkan. Sedangkan iPhone FU (factory unlock) adalah iPhone normal yang dapat menggunakan semua jenis jaringan / kartu sim yang didukung tanpa adanya batasan.

#6 : Cek Kondisi iCloud

Penting! pastikan iPhone yang kalian beli tidak tersangkut pada akun iCloud apapun, jika tidak maka iPhone tersebut sewaktu-waktu ketika akan direset dapat terkunci oleh iCloud dan tidak dapat digunakan kembali. Jadi pastikan iPhone yang akan dibeli tidak terkunci akun iCloud apapun dan bebas direset.

#7 : Cek Aksesoris Bawaan

Selanjutnya cek kelengkapan apa saja yang dipaketkan oleh iPhone tersebut, pastikan seluruh aksesorisnya dapat berfungsi dengan baik dan tentu saja masih asli. Kalaupun sudah tidak asli lagi kalian tetap disarankan untuk menggunakan aksesoris asli milik Apple untuk menjamin kualitas iPhone.

#8 : Cek Garansi

Terakhir pastikan iPhone tersebut mendapatkan garansi untuk mencegah sewaktu-waktu dalam jangka tertentu iPhone tiba-tiba bermasalah sehingga kalian tau harus komplain kemana.

Untuk menjaga agar iPhone second atau refurbished yang sudah kalian beli tersebut agar tetap awet dan tidak cepat rusak, kalian bisa mengikuti tips-tips yang sudah admin tuliskan pada postingan berikut: Penyebab iPhone Cepat Rusak dan Cara Merawatnya agar Awet

Baik itu saja informasi tentang pilihan antara iPhone Second dan iPhone Refurbished. Apabila ada yang ingin ditanyakan, sampaikan atau mungkin ingin membagikan pengalamannya, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih :)