Cara Mengirim Catatan di iPhone dalam Bentuk Dokumen PDF

Karena fleksibilitas dan kemudahannya, aplikasi Catatan pada iPhone maupun iPad seringkali digunakan untuk berbagai keperluan misalnya saja membuat laporan. Nah banyak pertanyaan yang seringkali admin temukan soal, bagaimana cara mengirimkan file catatan pada iPhone dalam bentuk dokumen ataupun PDF sehingga dapat dikirimkan melalui aplikasi WhatsApp.


Tenang saja pada postingan kali ini admin akan membagikan cara-cara mengirimkan catatan pada iPhone kalian ke aplikasi WhatsApp maupun aplikasi lainnya dalam bentuk file Dokumen berformat PDF.

Baca Juga : Cara Mudah Mengubah Foto ke PDF di iPhone atau iPad

Kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini:

Cara Mengirim Catatan di iPhone dalam Bentuk Dokumen PDF

1. Pertama silakan buka Catatan yang ingin diubah ke file PDF (buka sampai ke dalam catatannya)

2. Kemudian tap menu Tindakan / Berbagi yang berada di Pojok Kanan Atas


3. Jika sudah sekarang kita akan mencari menu Markah, khusus pengguna iOS 14 silahkan tap menu Kirim Salinan > Markah


4. Jika sudah sekarang tap menu Selesai


5. Selanjutnya silakan pilih menu Simpan File Ke... lalu pilih ingin disimpan ke direktori yang mana iCloud Drive atau Di iPhone Saya, jika sudah tap Simpan


6. Sekarang file Catatan kalian sudah di salin ke dalam bentuk file Dokumen PDF dan tersimpan dalam aplikasi File
Mengirim Catatan yang Sudah Diubah menjadi Dokumen PDF 

Setelah mengikuti cara-cara di atas file catatan yang sudah diubah menjadi dokumen PDF sekang telah tersimpan pada aplikasi File. Untuk mengirimkan file Dokumen tersebut kalian harus melakukannya melalui aplikasi File, tempat dimana dokumen tadi kalian simpan.

Baik kalau begitu langsung saja berikut caranya:

1. Setelah catatan telah diubah ke PDF, sekarang keluar ke menu utama kemudian cari dan buka aplikasi File


2. Selanjutnya pada menu Telusuri silakan masuk ke direktori tempat dimana tadi kalian menyimpan file catatan yang telah diubah ke PDF


3. Jika sudah ditemukan sekarang tap dan tahan pada file dokumen tersebut kemudian tap menu Bagikan lalu pilih aplikasi WhatsApp atau aplikasi lainnya yang diinginkan


4. Terakhir pilih kontak yang diinginkan lalu tap kirim, selesai deh.

Bagaimana gampang kan? file catatan yang sudah diubah ke PDF tadi tersimpan dalam aplikasi File dan dapat kalian akses kapan saja, entah mau dibagikan, hapus dan lain sebagainya.

Baik itu saja cara-cara mengirim catatan di iPhone dalam bentuk file dokumen (PDF). Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.

Baca Juga : Cara Mengubah Catatan ke file PDF di iPhone dan iPad