Cara Mengubah Catatan ke file PDF di iPhone dan iPad

Ingin mengubah Catatan di iPhone / iPad kalian ke file dokumen PDF? sangat bisa, kalian bisa mengubah catatan di iPhone / iPad kalian menjadi sebuah file PDF yang nantinya bisa diakses diperangkat manapun. Selain praktis, file catatan di iPhone memiliki fitur yang cukup lengkap, kalian bisa membuat tabel, menyisipkan gambar dan memodifikasi berbagai macam teks dengan gaya yang kalian inginkan.


Nah dengan begini apabila misalnya kalian ingin mengerjakan tugas? membuat catatan dan mencetaknya? atau apapun itu, kalian bisa menggunakan aplikasi catatan di iPhone kemudian mengubah catatan tersebut ke file PDF untuk keperluan selanjutnya. Baik kalau begitu langsung saja ikuti cara di bawah berikut untuk mengubah file Catatan di iPhone / iPad menjadi file PDF.


Cara Mengubah file Catatan ke file PDF di iPhone dan iPad

1. Pertama silakan buka Catatan yang ingin diubah ke file PDF

2. Kemudian tap menu Tindakan / Berbagi yang ada di Pojok Kanan Atas


3. Jika sudah sekarang kita akan mencari menu Markah, pengguna iOS 14 silakan tap menu Kirim Salinan > Markah


4. Jika sudah sekarang tap menu Selesai


5. Kemudian pilih menu Simpan File Ke... lalu pilih ingin disimpan ke direktori yang mana iCloud Drive atau Di iPhone Saya, jika sudah tap Simpan


6. Sekarang file Catatan kalian sudah disalin ke dalam bentuk file PDF

Untuk mengakses file catatan yang sudah diubah ke file PDF tersebut, silakan buka aplikasi File lalu masuk ke direktori tempat tadi kalian menyimpannya antara di iCloud Drive atau Di iPhone saya. 

Kalian juga dapat membagikan file PDF tersebut, mengubah namanya, meringkasnya (diarsipkan), melihat informasi lengkap dengan cara tap dan tahan pada file lalu pilih menu yang diinginkan.


Bagaimana gampang kan? jadi intinya untuk mengubah file catatan di iPhone atau iPad ke file PDF dapat dilakukan dengan sangat mudah, cukup menyalin atau memasukan catatan yang diinginkan ke mode markah, maka file catatan sudah bisa disimpan dalam bentuk PDF.


Kedepannya kita berharap saja agar Apple memberikan fitur yang dapat mempermudah penggunanya yang ingin membuat file PDF melalui aplikasi Catatan, sebab kemampuan dari aplikasi Catatan apalagi bagi pengguna iPad dengan Apple Pencil sudah tidak diragukan lagi, kalian bisa membuat catatan yang tidak kalah keren dari pengguna laptop, mac atau pc.

Baik itu saja cara-cara menjadikan, mengubah atau membuat file Catatan di iPhone dan iPad menjadi file PDF. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.