Cara Mencegah Pelacakan Aktivitas iPhone di WiFi dengan Private Address iOS 14

Bagi kalian pengguna iOS iPhone maupun iPadOS iPad yang suka ataupun sering terhubung ke jaringan WiFi publik biasanya gerak-gerik kalian dapat dengan mudah diawasi dan diidentifikasi, seperti website yang kalian akses, perangkat yang kalian gunakan dan lain sebagainya.


Nah buat yang merasa privasinya terganggu dan ingin agar tidak dapat dilacak saat menggunakan WiFi publik, di iOS 14 sendiri Apple telah menyertakan fitur Alamat Pribadi atau Private Address khusus jaringan WiFi, yang berfungsi untuk mengubah alamat MAC (Media Access Control) pada iPhone kalian.

Baca Juga : Cara Melupakan Jaringan / Gabung-Otomatis WiFi di iPhone dan iPad

MAC (Media Access Control) Address atau Alamat MAC merupakan salah satu alamat pengenal yang harus dimiliki oleh setiap perangkat untuk dapat terhubung ke suatu jaringan. Di iOS 14 sendiri dengan menyalakan fitur Alamat Pribadi atau Private Address, kalian dapat mengubah alamat MAC ini menjadi acak sehingga dapat dengan mudah mengurangi pelacakan terhadap iPhone kalian.

Baik kalau begitu langsung saja ikuti cara di bawah berikut untuk menyalakan fitur Alamat Pribadi atau Private Address di iPhone dan iPad yang menggunakan iOS 14 atau lebih baru.

Cara Mencegah Pelacakan Aktivitas iPhone di WiFi dengan Private Address iOS 14

#1 : Silakan buka aplikasi Pengaturan lalu masuk ke menu WiFi

#2 : Sekarang pada WiFi yang digunakan silakan tap icon (i) disampingnya


#3 : Jika silakan nyalakan menu Alamat Pribadi atau Private Address (jika sudah dalam keadaan menyala ya sudah jangan dimatikan hehe..)


#4 : Apabila saat menyalakan muncul peringatan Turning on private Wi-Fi address will temporarily deisconnect your iPhone from "WiFi". pilih saja Disconnect


#5 : Selanjutnya iPhone akan memutuskan sambungan ke jaringan WiFi kemudian menghubungkannya kembali secara otomatis namun dengan alamat MAC yang sudah berubah

Menggunakan fitur Alamat Pribadi atau Private Address ini tidak akan mempengaruhi koneksi kalian dengan jaringan WiFi, namun tidak menutup kemungkinan (sangat langka dan jarang) koneksi WiFi mungkin akan sedikit bermasalah ketika fitur di atas dinyalakan.

Baca Juga : Cara Menyembunyikan Jaringan WiFi / SSID modem MiFi Huawei

Baik itu saja cara-cara Mencegah Pelacakan Aktivitas yang kalian lakukan pada iPhone ketika terhubung ke jaringan WiFi publik. Menurut kalian sendiri bagaimana apakah fitur di atas membantu kalian mengurangi masalah privasi ketika terhubung ke jaringan WiFi? silakan tinggalkan komentar kalian pada kolom komentar di bawah, terima kasih.

Baca Juga : Cara Fake GPS / Location di iPhone Tanpa Jailbreak