Cara Melihat Kontak iPhone yang Disimpan / Backup ke iCloud

Kontak yang ada di iPhone maupun iPad kalian secara otomatis akan di backup / simpan dan diselaraskan ke dalam layanan penyimpanan iCloud. Tujuannya tentu saja untuk mengamankan kontak tersebut dari kehilangan yang tidak disengaja.


Nah kalian sendiri dapat melihat kontak-kontak yang tersimpan di dalam akun iCloud kalian, namun ingat untuk saat ini cara ini hanya dapat dilakukan menggunakan browser yang ada di komputer atau menggunakan browser Safari di iPad.

Baik kalau begitu langsung saja berikut cara melihat kontak iPhone yang disimpan / backup ke akun iCloud.

Cara Melihat Kontak iPhone yang Disimpan / Backup ke iCloud

#1 : Pertama silakan buka situs iCloud berikut di komputer, laptop atau mac kalian: https://www.icloud.com/

#2 : Jika sudah silakan login menggunakan akun iCloud / Apple ID yang sama dengan yang digunakan juga di iPhone

#3 : Setelah itu silakan pilih menu Contacts


#4 : Nah sekarang kalian akan melihat daftar kontak pada iPhone kalian yang tersimpan di iCloud

#5 : Untuk download kontak yang diingkan ke dalam komputer kalian, silakan pilih terlebih dahulu kontak yang diinginkan kemudian klik icon gear yang berada dipojok kiri bawah

#6 : Jika sudah silakan klik menu Export vCard...


#7 : Kontak yang didownload akan disimpan dalam format .vcf

Nah bagaimana gampang kan? untuk memastikan kontak pada iPhone kalian selalu di backup ke iCloud, silakan cek melalui aplikasi Pengaturan > ID Apple, iCloud, Media & Pembelian > iCloud dan pastikan menu Kontak sudah dalam keadaan diaktifkan.

Apabila kontak yang diinginkan tidak muncul, periksa kembali apakah kontak tersebut berasal dari email? jika ya silakan buka layanan email masing-masing untuk memeriksa kontak yang diinginkan.


Baik itu saja cara-cara melihat kontak iPhone yang disimpan / backup ke iCloud. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tiggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.