Cara Mengatasi Widget iPhone Tidak Tampil / Blank

Dimulai dari iOS 14 kini iPhone dapat menempatkan beragam Widget diseluruh halaman Home Screen / Layar Utama. Namun tidak sedikit juga pengguna yang mengeluhkan bahwa Widget yang mereka tambahan tidak tampil alias blank atau widget dari aplikasi tidak tersedia.


Apabila kalian adalah salah satu pengguna iPhone yang mengalami masalah tersebut, kalian dapat mengikuti beberapa cara berikut ini untuk mengatasinya.


Jangan Lupa pilih Tampilan Widget

Beberapa Widget yang kalian pasang tidak secara langsung menampilkan Widget, kalian harus memilih terlebih dahulu Widget tersebut melalui menu Edit Widget.

Caranya silakan tap dan tahan pada Widget yang blank (tidak tampil / hanya abu-abu) tersebut, kemudian pilih menu Edit Widget > Widget kemudian tap pada salah satu menu yang diingikan.


Sebagai contoh lengkap, bisa kalian cek pada postingan berikut: Cara Mengatasi Widgetsmith Tidak Tampil, Blank atau Kosong

Cek Izin Aplikasi

Apabila menu Widget dari aplikasi pihak ketiga (aplikasi yang baru didownload) tidak tampil atau blank, pastikan kalian telah membuka aplikasi tersebut terlebih dahulu (mungkin ada pengaturan yang terlewatkan) dan memastikan juga bahwa aplikasi tersebut sudah mendukung fitur Widget.

Jika ya, silakan cek izin aplikasi tersebut untuk menggunakan beberapa layanan yang dibutuhkan, misalnya saja izin Lokasi (biasanya untuk widget cuaca, map, share lokasi), Pelacakan Kebugaran (biasanya untuk widget kesehatan yang menampilkan jumlah langkah), akses Foto (biasanya untuk Widget yang menampilkan informasi foto dari galeri) dan lain sebagainya.


Untuk mengatur izin aplikasi ini silakan masuk ke aplikasi Pengaturan lalu cari menu aplikasi yang ada dibagian paling bawah, atau masuk ke menu Privasi.

Pasang Kembali Widget

Cukup sederhana, silakan copot / hapus Widget yang Blank tersebut kemudian pasang kembali dan lihat hasilnya. Apabila masih belum berhasil juga silakan lanjutkan ke cara di bawah.

Install Ulang Aplikasi

Apabila Widget yang tidak tampil tersebut berasal dari aplikasi pihak ketiga yang didownload, silakan hapus aplikasi tersebut kemudian download kembali. Jika sudah silakan coba lagi dan lihat hasilnya.

Restart iPhone

Apabila masih juga belum membuahkan hasil coba restart iPhone kalian, sederhananya silakan matikan iPhone kemudian nyalakan kembali. Bagi yang belum tahu cara mematikan iPhone:

  • iPhone 7, 7 Plus, 6S, 6S Plus, SE 2016: Tekan dan Tahan tombol Power / Lock hingga layar menampilkan menu untuk mematikan iPhone
  • iPhone 8, 8 Plus, X, Xr, Xs, Xs Max, 11, 11 Pro, 11 Pro Max, SE 2020 dan lebih baru: Tekan dan Tahan tombol Power / Lock bersamaan dengan tombol Volume Atas / Bawah hingga layar menampilkan menu untuk mematikan iPhone

Update ke iOS versi Terbaru

Masalah ini biasanya bisa disebabkan juga oleh Bug pada iOS yang kalian gunakan, sebagai solusinya silakan update iOS kalian ke versi terbaru yang tersedia saat ini. Caranya silakan buka aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

Apabila pembaruan tersedia silakan siapkan koneksi internet dari WiFi dan hubungkan iPhone ke pengisian daya untuk memulai download dan install.

Reset Pengaturan Susunan Layar Utama

Apabila cara-cara di atas tidak juga membuahkan hasil, kalian bisa mencoba mengatur ulang susunan layar utama pada iPhone kalian. Namun ingat cara ini akan mengacak kembali semua pengaturan susunan lokasi icon aplikasi di iPhone kalian (termasuk Widget) ke pengaturan semula.

Caranya buka aplikasi Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Atur Ulang Susunan Layar Utama. Jika sudah silakan keluar dan coba kembali.


Nah bagaimana apakah masalah Widget pada iPhone kalian yang tidak tampil sudah teratasi? perlu diketahui juga untuk saat ini (iOS 14 baru dirilis) banyak aplikasi yang belum mendukung fitur Widget ini. Indikasinya apabila kalian tidak bisa menemukan aplikasi yang diinginkan pada menu saat menambahkan Widget, maka aplikasi tersebut mungkin belum sepenuhnya mendukung fitur Widget.

Kalian juga tetap dapat menampilkan tampilan Widget lama (seperti di iOS 13) melalui panel paling kiri layar kemudian tap pada menu Edit lalu tap menu Sesuaikan.

Baik itu saja cara-cara mengatasi tampilan Widget di iPhone iOS 14 yang tidak tampil / blank / hanya tampil abu-abu saja. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.