Cara Mengatasi Hotspot Pribadi Hilang Setelah Update ke iOS 14

Beberapa pengguna iPhone melaporkan bahwa menu Hotspot Pribadi / Personal Hotspot (tethering) pada iPhone mereka menghilang setelah menginstall update iOS 14. Yang mana ada kemungkinan saat proses update ke iOS 14 pengaturan jaringan data seluler pada iPhone kembali direset.


Namun tidak perlu khawatir kalian dapat dengan mudah mengembalikan Hotspot Pribadi tersebut dengan mengikuti beberapa cara di bawah berikut.

Pastikan Data Seluler Telah Aktif

Nah apabila kalian menggunakan jaringan WiFi untuk menggunakan internet, pastikan kalian telah mengaktifkan data seluler pada iPhone kalian. Selain itu coba juga dengan menyalakan mode pesawat kemudian menonaktifkannya kembali.

Apabila masih belum bisa juga langsung saja ke cara utamanya di bawah berikut.

Atur Kembali Pengaturan Jaringan Data Seluler

1. Silakan buka aplikasi Pengaturan

2. Kemudian masuk ke menu Seluler lalu pilih menu Jaringan Data Seluler

3. Selanjutnya silakan masukan nama APN dari provider jaringan yang kalian gunakan pada seluruh kolom APN yang tersedia, terutama pada menu Hotspot Pribadi.

Berikut daftar APN sesuai dengan Provider Penyedia Jaringan Seluler yang ada di Indonesia:

  • Telkomsel, masukan APN: telkomsel
  • Indosat, masukan APN: indosatgprs
  • XL, masukan APN: internet
  • Smartfren, masukan APN: smartfren4g
  • Axis, masukan APN: axis
  • Tri, masukan APN: 3gprs
  • By.u, masukan APN: byu

Contoh memasukan APN bisa kalian lihat pada gambar di bawah berikut.


4. Jika sudah, langkah terakhir silakan restart jaringan dengan cara menyalakan Mode Pesawat kemudian mematikannya kembali.

Apabila menu Hotspot Pribadi / Personal Hotspot masih belum muncul juga, coba tutup aplikasi Pengaturan kemudian buka kembali, jika masih belum berhasil silakan restart iPhone kalian (matikan kemudian nyalakan kembali).

Mengatur Ulang Pengaturan Jaringan

Dengan mengikuti cara di atas seharusnya menu hotspot pribadi pada iPhone kalian sudah kembali lagi. Namun dalam beberapa kasus apabila menu tidak juga muncul, silakan atur ulang pengaturan jaringan pada iPhone kalian, caranya.

1. Silakan masuk ke aplikasi Pengaturan lalu pilih menu Umum

2. Selanjutnya silakan pilih menu Atur Ulang kemudian pilih menu Atur Ulang Jaringan


3. Jika sudah selesai silakan ikuti kembali cara Atur Kembali Pengaturan Jaringan Data Seluler (mengatur APN) di atas

Bagaimana apakah sudah berhasil? seharusnya sudah ya, cara-cara di atas termasuk cara yang kedua merupakan cara yang paling ampuh untuk mengatasi hotspot pribadi yang hilang.

Baik itu saja cara-cara mengatasi hotspot pribadi iPhone yang menghilang setelah melakukan update ke iOS 14. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.