Cara Mengatasi Masalah WiFi di iPhone dan iPad pada iOS 14 / iPadOS 14

iOS 14 dan iPadOS 14 baru saja dirilis namun karena masih merupakan iOS versi paling awal tidak menutup kemungkinan masih banyak bug dan kesalahan yang dapat kalian alami. Dan salah satu masalah yang dilaporkan beberapa pengguna adalah masalah pada WiFi.


Jika konektivitas WiFi pada iPhone dan iPad kalian setelah update ke iOS 14 mengalami masalah, misalnya tidak mau terhubung (connect), WiFi suka terputus sendiri, WiFi menjadi tidak stabil, kecepatannya menurun drastis hingga muncul pesan masalah keamanan (selengkapnya: Pesan Keamanan Lemah pada WiFi iPhone Setelah update ke iOS 14), kalian bisa mengikuti beberapa cara berikut ini untuk memperbaikinya.


Reset Sambungan WiFi

Disini kita akan melupakan sambungan WiFi yang bermasalah di iPhone atau iPad kalian, kemudian menghubungkannya kembali. Kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

#1 : Buka aplikasi Pengaturan kemudian masuk ke menu WiFi

#2 : Selanjutnya tap pada menu (i) disamping nama WiFi yang bermasalah kemudian tap menu Lupakan Jaringan Ini


#3 : Jika sudah sekarang silakan sambungkan kembali iPhone kalian ke WiFi tersebut

Reset Router WiFi

Apabila cara-cara di atas masih belum berhasil juga, kalian bisa coba merestart Router WiFi (dimatikan kemudian dinyalakan kembali). Bila memungkinkan silakan update juga firmware pada Router apabila tersedia.

Untuk memastikan masalah datang dari Router WiFi, cek juga apakah masalah serupa terjadi juga di perangkat lainnya? jika tidak lanjutkan cara di bawah berikut.

Restart iPhone atau iPad

Biasanya jika terdapat bug atau kesalahan pada sistem yang berimbas pada masalah WiFi, kalian dapat dengan mudah memperbaikinya hanya cukup dengan merestart iPhone. Sederhananya silakan matikan iPhone atau iPad tersebut kemudian nyalakan kembali.

Bagi yang belum tahu cara mematikan iPhone silakan ikuti sesuai dengan perangkat yang digunakan.

  • iPhone 8, X, Xr, Xs, 11 atau lebih baru : Tekan dan Tahan tombol Volume Atas atau Bawah bersamaan dengan tombol Lock, jika sudah lanjutkan dengan menggeser menu untuk mematikan iPhone
  • iPhone 7, SE 2016, 6S, 6 atau lebih lama : Tekan dan Tahan tombol Lock hingga muncul menu untuk mematikan iPhone, jika sudah lanjutkan dengan menggeser menu untuk mematikan iPhone tersebut

Tunggu hingga sekitar 10 detik kemudian nyalakan kembali iPhone tersebut dengan cara menekan terus tombol Lock hingga iPhone menyala. Jika sudah silakan lihat hasilnya.

Nonaktifkan VPN

Kebanyakan kasus masalah jaringan WiFi yang dialami setelah update ke iOS 14 datang dari koneksi VPN, jadi apabila kalian memang menggunakan VPN silakan nonaktifkan fitur VPN tersebut melalui aplikasi Pengaturan > Umum > VPN.

Jika sudah silakan restart iPhone kalian dan lihat hasilnya.

Nonaktifkan Alamat Pribadi WiFi

Secara otomatis iPhone akan mengubah alamat MAC untuk privasi kalian saat terhubung ke jaringan WiFi, kalian dapat mencoba mematikan fitur tersebut melalui pengaturan WiFi yang digunakan. Berikut caranya.

#1 : Buka aplikasi Pengaturan kemudian masuk ke menu WiFi

#2 : Selanjutnya tap pada menu (i) disamping nama WiFi yang bermasalah kemudian nonaktifkan menu Alamat Pribadi


#3 : Jika sudah iPhone akan meminta untuk menghubungkan kembali jaringan WiFi silakan tap menu Gabung Kembali

Atur Ulang Pengaturan Jaringan

Terakhir apabila masalah di atas tidak ada juga yang membuahkan hasil, kalian bisa coba mengatur ulang pengaturan jaringan kalian ke pengaturan awal. Caranya mudah, silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > Umum > Atur Ulang kemudian pilih menu Atur Ulang Jaringan.


Nonaktifkan Bantuan Wi-Fi

Dengan aktifnya fitur Bantuan Wi-Fi maka iPhone akan secara otomatis menggunakan jaringan dari data seluler ketika koneksi WiFi melambat. Namun dalam beberapa kasus hal ini menyebabkan masalah sambungan. Silakan coba matikan fitur tersebut melalui aplikasi Pengaturan > Seluler > Bantuan W-Fi.


Update ke iOS Terbaru

Saat postingan ini ditulis iOS 14 masih dalam versi terbarunya, namun apabila pembaruan terbaru sudah tersedia seperti biasa silakan update melalui menu Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

Ya itu saja cara-cara memperbaiki WiFi pada iPhone dan iPad yang bermasalah pada iOS 14. Apabila masalah terus berlanjut kalian juga dapat mencoba melakukan restore iPhone melalui iTunes, tetapi apabila semua cara sudah dilakukan namun masalah pada WiFi tidak kunjung hilang, disarankan untuk membawa iPhone tersebut ke service center Apple untuk diperiksa lebih lanjut.


Nah bagaimana apakah masalah WiFi pada iPhone dan iPad kalian sudah teratasi? jika ada pertanyaan atau ada yang ingin disampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih :)