Pesan Keamanan Lemah pada WiFi iPhone Setelah update ke iOS 14

Setelah melakukan update ke iOS 14 beberapa pengguna melaporkan bahwa iPhone atau iPad mereka memberikan pesan Keamanan Lemah pada jaringan WiFi yang biasanya mereka gunakan. Dalam pesan tersebut iPhone memperingatkan bahwa jaringan WPA/WPA2 (TKIP) tidak dianggap aman.


Jika kalian juga mengalaminya maka kalian tidaklah sendiri, banyak pengguna di luar sana termasuk admin sendiri yang mendapatkan pesan tersebut setelah melakukan update ke iOS 14. Belum jelas apa sebenarnya yang menyebabkan pesan tersebut, namun dilihat dari pesan yang ditampilkan, sepertinya iPhone memperingatkan keamanan jaringan pada WiFi yang lemah.

Untuk mencoba mengatasi masalah di atas pertama-tama kalian harus memastikan bahwa jaringan WiFi yang kalian gunakan sudah menggunakan enkripsi keamanan WPA/WPA2 atau WPA3 (silakan cek pengaturan keamanan password pada pengaturan router WiFi). Selain itu apabila tersedia pastikan juga kalian telah melakukan update firmware pada router secara rutin.

Namun jika sudah yakin bahwa tidak ada masalah keamanan pada WiFi (sudah menggunakan enkripsi jaringan WPA/WPA2) atau sebelum update ke iOS 14 pesan tersebut tidak ada, maka solusi sementara untuk saat ini adalah dengan mengabaikan pesan tersebut.

Admin sendiri pun telah melakukan berbagai macam pengaturan keamanan WiFi termasuk telah memastikan enkripsi jaringan berada pada WPA/WPA2, tetapi pesan tersebut tetap saja muncul.


Jadi apabila sebelumnya (sebelum update ke iOS 14) pesan tersebut tidak muncul dan keamanan jaringan WiFi telah menggunakan enkripsi WPA/WPA2 atau lebih baru, untuk saat ini kalian dapat mengabaikan pesan tersebut hingga ada informasi lebih lanjut.

Atau kalian punya solusi untuk mengatasi pesan WiFi tersebut? kalian bisa berbagi informasi melalui kolom komentar di bawah, terima kasih :)