Cara Mengaktifkan Jaringan 5G di iPhone 12, 12 Mini, 12 Pro dan 12 Pro Max

Salah satu fitur utama yang dibawa oleh iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max adalah dukungan untuk jaringan 5G yang secara signifikan jauh lebih cepat dibandingkan pendahulunya atau yang masih kita gunakan saat ini, 4G LTE.


Namun begitu tidak sedikit pengguna iPhone 12, 12 Mini, 12 Pro dan 12 Pro Max yang bertanya-tanya bagaimana cara untuk mengaktifkan jaringan 5G pada iPhone 12 mereka?

Cara Mengaktifkan Jaringan 5G di iPhone

Perlu diperhatikan bahwa jaringan 5G hanya dapat diaktifkan bagi pengguna iPhone 12, 12 Mini, 12 Pro dan 12 Pro Max atau lebih baru, selain itu pastikan juga operator seluler yang kalian gunakan sudah mendukung jaringan 5G. Jika sudah langsung saja ikuti cara di bawah berikut utnuk mengaktifkan jaringan 5G pada iPhone.

#1 : Pertama silakan buka aplikasi Pengaturan

#2 : Kemudian masuk ke menu Seluler > Pilihan Data Seluler > Suara & Data (apabila dual sim silakan pilih dulu nomor yang akan diatur)

#3 : Selanjutnya pada menu Suara & Data silakan pilih menu 5G Otomatis / Auto atau 5G Aktif / On.


#4 : Terakhir silakan keluar ke menu utama aplikasi Pengaturan atau buka menu Pusat Kontrol, kemudian nyalakan Mode Pesawat sekitar 5 - 10 detik, lalu matikan kembali dan lihat hasilnya.

Apa perbedaan diantara kedua pilihan menu 5G tersebut?

  • 5G Otomatis (Auto): iPhone akan mengaktifkan mode data cerdas yang secara otomatis akan menurunkan kecepatan dari 5G ke LTE dalam kondisi tertentu yang berutujuan untuk menghemat penggunaan baterai.
  • 5G Aktif (On) : iPhone akan selalu menggunakan jaringan 5G apapun kondisinya, namun begitu penggunaan baterai akan terasa jauh lebih boros.

Lalu "LTE" apa ya? LTE itu merupakan jaringan 4G, kalian bisa juga menggunakan atau kembali ke jaringan 4G / LTE ini apabila ingin menghemat penggunaan baterai atau karena jaringan 5G sedang tidak tersedia / stabil.

Menu Pilihan 5G Tidak Bisa Dipilih atau Tidak Aktif

Apabila kalian tidak dapat mengaktifkan jaringan 5G atau meskipun sudah aktif namun jaringan 5G tidak juga muncul, silakan periksa kembali apakah operator jaringan seluler yang kalian gunakan sudah mendukung jaringan 5G?

Jika belum tentu saja jaringan 5G tidak akan berjalan dan iPhone secara otomatis akan menggunakan jaringan 4G / LTE. Loh kok bisa? kan iPhone saya sudah mendukung jaringan 5G. Perlu diketahui bahwa iPhone hanya menyediakan fasilitas yang dapat menjalankan jaringan 5G saja, sementara penyedia 5G tetap bergantung pada operator seluler yang digunakan.

Sedikit kecewa memang, karena sampai saat ini belum ada operator seluler di Indonesia yang menyediakan jaringan 5G untuk publik, namun begitu bukan hanya di Indonesia saja, hampir seluruh negara di dunia masih banyak yang belum secara utuh mendukung jaringan 5G.

Nah sambil menunggu dukungan jaringan 5G yang mungkin akan datang dalam beberapa tahun ke depan (semoga setahun saja), kalian dapat menjadikan cara diatas sebagai referensi untuk mengaktifkan jaringan 5G apabila nantinya sudah tersedia.

Jadi menurut kalian sendiri bagaimana soal fitur 5G ini? apakah sudah menggunakannya? silakan tinggalkan komentar atau pendapat kalian pada kolom komentar di bawah ya.