Kapasitas mAh Baterai iPhone 12, 12 Mini, 12 Pro dan 12 Pro Max

Di akhir tahun 2020 ini, Apple kembali memperkenalkan jajaran iPhone terbarunya, mulai dari yang layarnya berukuran paling kecil iPhone 12 Mini (5.4 inci), sedang iPhone 12 dan iPhone 12 Pro (6.1 inci) hingga yang terbesar iPhone 12 Pro Max (6.7inci).


Berbeda ukuran layar berbeda pula ukuran / kapasitas baterai yang dibawa oleh masing-masing iPhone tersebut. Perbedaan kapasitas baterai inilah yang menentukan daya tahan baterai iPhone untuk penggunaan sehari-hari.


Nah bagi kalian yang penasaran, berapa sih ukuran / kapasitas baterai dalam satuan mAh yang dibawa oleh iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max? berikut kapasitasnya:

Kapasitas mAh Baterai iPhone 12, 12 Mini, 12 Pro dan 12 Pro Max

  • iPhone 12 memiliki kapasitas baterai sebesar: 2815mAh
  • iPhone 12 Mini memiliki kapasitas baterai sebesar: 2227mAh
  • iPhone 12 Pro memiliki kapasitas baterai sebesar: 2815mAh
  • iPhone 12 Pro Max memiliki kapasitas baterai sebesar: 3687mAh

iPhone 12 dan iPhone 12 Pro memiliki ketahan baterai yang setara, sedangkan iPhone 12 Mini memiliki daya tahan baterai paling rendah dan ketahanan baterai terbesar dimiliki oleh iPhone 12 Pro Max.

Apabila dibandingkan dengan ukuran baterai pada iPhone sebelumnya (iPhone 11, 11 Pro dan 11 Pro Max) ukuran baterai yang dimiliki oleh jajaran iPhone 12 memang terkesan lebih kecil. Namun jangan salah, ukuran baterai yang lebih kecil ini nyatanya mampu bertahan sedikit lebih lama dibandingkan iPhone pendahulunya walaupun tidak semua dan tidak signifikan juga.

Semua ini dapat terjadi berkat kemampuan dari chipset Apple A14 Bionic dengan ukuran 5nm, yang secara otomatis akan menambah daya tahan baterai maupun kecepatan performa dibandingkan pendahulunya.

Berikut adalah gambar tabel perbandingan ketahanan baterai antara iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max dan iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max menurut pengujian yang dilakukan oleh Apple:


Satu hal yang secara signifikan membuat daya tahan baterai pada iPhone 12 bisa jauh lebih baik dibandingkan iPhone 11 (bukan Pro), adalah layar OLED yang dapat menghemat baterai saat menggunakan mode gelap.

Seperti yang kita ketahui sendiri bahwa Pixel penyusun layar OLED sebenarnya tidak dalam keadaan menyala saat menampilkan tampilan berwarna hitam, tujuannya tentu saja untuk menghasilkan warna hitam yang lebih dalam / sesungguhnya. Karena itulah saat menggunakan tampilan mode gelap, iPhone 12 dapat jauh lebih baik dalam menghemat daya dibandingkan iPhone 11 (bukan Pro) yang masih menggunakan layar LCD.

Namun ingat hal tersebut hanya berlaku jika dibandingkan dengan iPhone 11 biasa, karena iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max juga telah menggunakan layar OLED seperti halnya jajaran iPhone 12.

Nah menurut kalian sendiri bagaimana kapasitas baterai yang dibawa oleh iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max? mungkin seharusnya Apple dapat memberikan tambahan kapasitas baterai yang jauh lebih besar, tetapi ya sudah begitu apa boleh buat, lagipula ketahanan baterainya pun hampir sama bahkan sedikit lebih baik dibandingkan pendahulunya :)