Cara Screenshot di iPhone 12, 12 Mini, 12 Pro dan 12 Pro Max

Baru menggunakan iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro ataupun iPhone 12 Pro Max? jika ya dan kalian baru saja datang dari perangkat android maupun iPhone terdahulu yang masih menggunakan tombol Home, pada postingan kali ini admin akan membagikan cara mengambil Screenshot di iPhone baru kalian.


Perlu diketahui juga bahwa iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max sama-sama sudah menggunakan desain layar penuh dengan gestur untuk melakukan navigasi seperti berpindah atau keluar dari aplikasi. Apabila kalian sudah pernah menggunakan iPhone serupa seperti iPhone X, Xr, Xs atau 11 pasti sudah tidak asing lagi dengan jajaran iPhone 12.


Dengan desain tampilan yang penuh ini, mengambil screenshot pun sedikit berbeda dari iPhone model lama, kalau begitu tanpa berlama-lama lagi langsung saja ikuti cara-caranya di bawah berikut.

Cara Screenshot di iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max

Untuk mengambil screenshot langsung saja Tekan tombol Volume Atas dan tombol Power / Samping Secara Bersamaan kemudian segera lepas kedua tombol tersebut (jangan ditahan terlalu lama).


Setelah screenshot diambil akan muncul jendela hasil screenshot yang terletak dipojok kiri bawah layar yang dapat kalian gunakan untuk melihat hasil screenshot, mengedit, mengirim atau memilih apakah ingin disimpan atau batal disimpan (dihapus).

Satu lagi, jendela tersebut tidak perlu selalu kalian buka setiap kali mengambil screenshot, sebab screenshot yang diambil akan segera tersimpan ke galeri Foto iPhone. Kalian dapat mengabaikan atau menyeret jendela tersebut ke arah kiri layar untuk menghilangkannya.

Cara Screenshot Menggunakan AssistiveTouch

Kalian juga dapat memanfaatkan fitur AssisitveTouch untuk melakukan Screenshot maupun fungsi-fungsi lainnya seperti mengunci layar, membesar-kecilkan volume, membuka pusat kontrol dan lain sebagainya.

#1 : Caranya silakan buka aplikasi Pengaturan > Aksesibilitas > Sentuh > AssistiveTouch lalu langsung saja nyalakan menu AssisitveTouch.

#2 : Jika sudah silakan tap menu bulat melayang pada layar iPhone kalian



#3 : Kemudian pilih menu Perangkat > Lainnya lalu tap Jepretan Layar untuk mengambil Screenshot di iPhone kalian


Perlu diketahui tampilan AssisitiveTouch tidak akan ikut terambil saat melakukan screenshot, selain itu apabila ingin terus digunakan menu AssisitiveTouch tersebut akan terus tampil pada layar iPhone sebagai pintasan ke beragam fungsi, AssisitveTouch juga dapat dipindahkan letaknya dan akan memudar apabila tidak digunakan.

Cara Screenshot Menggunakan Back-Tap / Ketuk Bagian Belakang iPhone

Di iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max kalian dapat mengetuk / tap dua maupun tiga kali dibagian belakang iPhone untuk melakukan screenshot maupun untuk beragam fungsi lainnya, bagaimana keren kan? kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

#1 : Silakan buka aplikasi Pengaturan > Aksesibilitas > Sentuh > Ketuk Bagian Belakang

#2 : Kemudian pilih ingin menggunakan Ketuk Dua Kali atau Ketuk Tiga Kali


#3 : Jika sudah silakan pilih menu Jepretan Layar


#4 : Terakhir silakan uji coba dengan mengetuk / tap 2 ataupun 3 kali pada bagian belakang iPhone kalian dan screenshot secara otomatis akan aktif

Sebagai tambaham, kalian juga dapat mengatur menu Ketuk Dua Kali maupun Ketuk Tiga Kali sebagai pintasan sesuai keinginan masing-masing.

Cara Screenshot Mengggunakan Siri

Terakhir, kalian dapat memanfaatkan Virtual Assistant Siri untuk mengambil Screenshot di iPhone kalian. Caranya cukup mudah:

#1 : Pastika Siri dalam keadaan aktif, silakan cek melalui aplikasi Pengaturan > Siri & Pencarian lalu pastikan menu Tombol Samping untuk Siri atau Dengarkan "Hey Siri" dalam keadan menyala

#2 : Jika sudah silakan aktifkan Siri dengan cara tekan dan tahan tombol Samping pada iPhone atau katakan "Hey Siri!"


#3 : Apabila Siri sudah aktif, langsung saja katakan: Hey Siri please take a Screenshot atau Screenshot please! atau kalian bisa menggunakan kata-kata sendiri yang kira-kira meminta Siri untuk mengambil screenshot (dalam bahasa Inggris ya)

Nah bagaimana menurut kalian? gampang kan? seluruh hasil screenshot kalian secara otomatis akan tersimpan pada galeri aplikasi Foto iPhone.

Baik itu saja cara-cara screenshot di iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komnetar di bawah :)