Cara Restart, Force Restart atau Mematikan iPhone 12, 12 Mini, 12 Pro, 12 Pro Max

Baru menggunakan iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max? atau mungkin baru saja upgrade dari iPhone yang sebelumnya masih menggunakan tombol Home seperti iPhone 8, 7, 6S atau SE?

Pada postingan kali ini admin akan membagikan cara Mematikan, Restart maupun Force Restart (restart paksa) pada jajaran iPhone 12.


Seperti yang kita ketahui sendiri bahwa iPhone 12, 12 Mini, 12 Pro dan 12 Pro Max sudah menggunakan desain layar penuh tanpa tombol Home/Utama. Bagi yang sebelumnya sudah pernah menggunakan iPhone sejenis seperti iPhone X, Xr, Xs maupun 11 pasti sudah tidak asing lagi.

Nah, karena desain layar penuh tersebut kini fungsi untuk mematikan, restart maupun force restart sedikit berubah. Baik tanpa banyak berbasa-basi lagi, langsung saja ikuti cara-caranya di bawah berikut ini.


Cara Force Restart iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max

Force Restart atau Restart Paksa penting untuk diketahui guna memperbaiki iPhone yang tiba-tiba saja mengalami lag, freeze, ngehang dan tidak dapat merespon apapun, sehingga dapat direstart secara paksa agar dapat kembali normal.

Perlu diperhatikan, silakan lakukan langkah-langkah di bawah berikut dengan tempo perpindahan tombol yang agak cepat.

  1. Tekan tombol Volume Atas kemudian lepas
  2. Tekan tombol Volume Bawah kemudian lepas
  3. Sekarang Tekan dan Tahan tombol Power/Samping/Lock hingga iPhone restart dan menampilkan logo Apple


Ingat Force Restart ini hanya disarankan untuk digunakan apabila iPhone sedang mengalami kendala yang tidak memungkinkan untuk melakukan Restart normal.

Cara Mematikan iPhone iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max

Ingin mematikan iPhone kalian? caranya cukup mudah dan sangat mudah, kalian dapat melakukannya dengan beragam cara, kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya di bawah berikut.

1. Melalui Tombol

Silakan Tekan dan Tahan tombol Power/Samping/Lock bersamaan dnegan tombol Volume Bawah maupun Volume Atas (salah satu saja).


Jika sudah akan muncul tampilan menu yang digunakan untuk mematikan iPhone, silakan geser menu tersebut ke arah kanan untuk mulai mematikan iPhone.

2. Melalui Menu Pengaturan

Mudah sekali, silakan buka aplikasi Pengaturan kemudian masuk ke menu Umum lalu silakan tap menu Matikan.


Untuk menyalakan kembali iPhone yang dimatikan kalian cukup tekan dan tahan tombol Power/Lock/Samping hingga iPhone kembali menyala.


Cara Restart Normal iPhone iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max

Restart normal ini dapat kalian lakukan selama seminggu sekali hanya untuk menyegarkan sistem pada iPhone (meskipun tidak wajib). Sama seperti mematikan iPhone, melakukan restart secara normal dapat dilakukan dengan beragam cara, kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

1. Dengan Cara Dimatikan

Sederhana sekali, kalian cukup mematikan iPhone dengan mengikuti cara-cara yang sudah admin jelaskan di atas, kemudian nyalakan kembali iPhone tersebut dengan cara tekan dan tahan pada tombol Power/Samping/Lock.

2. Melalui AssistiveTouch

AssisitiveTouch merupakan menu yang digunakan untuk membantu kalian dalam menggunakan beragam pintasan fungsi pada iPhone, salah satunya adalah mematikan iPhone.

Caranya silakan buka aplikasi Pengaturan > Aksesbilitas > Sentuh > AssitiveTouch lalu nyalakan menu AssisitveTouch. Jika sudah akan muncul menu bulat di layar iPhone kalian.


Silakan buka menu AssisitveTouch tersebut kemudian masuk ke menu Perangkat > Lainnya lalu pilih menu Mulai Ulang



Bagaimana mudah bukan? salah satu hal penting yang benar-benar kalian harus pahami adalah cara melakukan Force Restart untuk memperbaiki iPhone yang terkadang bisa saja tidak merespon, hang atau bug.

Rutin melakukan restart setiap seminggu sekali dapat membantu sistem pada iPhone agar menjadi lebih segar kembali.

Baik itu saja cara-cara restart, force restart ataupun mematikan (shutdown) iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentara di bawah, terima kasih.