Penyebab Battery Health iPhone 12 & 12 Pro Cepat Menurun

Battery Health (BH) atau Kesehatan Baterai (kapasitas maksimum) pada iPhone sendiri mengindikasikan kapasitas sesungguhnya pada baterai. Seiring dengan berjalannya waktu, Battery Health pada iPhone akan semakin menurun dan hal tersebut sangatlah wajar.


Namun apa jadinya jika Battery Health pada iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro atau iPhone 12 Pro Max yang kalian miliki cepat menurun? apa saja penyebabnya dan bagaimana tips mengatasinya?


Faktor Battery Health iPhone 12, 12 Mini, 12 Pro dan 12 Pro Max yang Cepat Menurun

Seluruh jajaran iPhone 12 sudah menggunakan teknologi canggih yang akan memanajemen baterai dengan sangat baik, sehingga penurunan battery health mungkin tidak akan terlalu terasa secara signifikan.

Disamping itu ada juga banyak faktor yang mungkin tidak kalian sadari dapat mempercepat penurunan Battery Health pada iPhone 12 kalian. Apa sajakah faktor tersebut?

#1 : Kebiasaan Dalam Melakukan Pengisian Daya

Seperti biasa, kebiasaan dalam mengisi daya dengan tidak teratur merupakan salah satu penyebab mengapa battery health cepat menurun, seperti contoh mengisi daya iPhone semalaman, menggunakan iPhone sambil diisi daya dan sering membiarkan daya baterai iPhone hingga benar-benar kritis (di bawah 10%).

Dalam beberapa kasus tertentu, penggunaan power bank berkualitas rendah juga memengaruhi battery health iPhone.

#2 : iPhone yang Sering mengalami Panas

Perlu diketahui bahwa "Panas" adalah salah satu musuh utama baterai. Semakin sering iPhone mengalami panas berlebih, maka kesehatan baterai akan semakin cepat menurun. Penurunan tersebut bersifat permanen dan dapat berdampak buruk untuk penggunaan jangka panjang.

#3 : Siklus Pengisian Daya yang Sudah Cukup Banyak

Diperkirakan Battery Health pada iPhone sendiri akan menurun ke angka sekitar 80% setiap 500x siklus pengisian ulang secara penuh. Jadi apabila iPhone yang kalian gunakan sudah cukup lama dan sudah sering juga diisi daya, maka kesehatan baterai yang menurun tersebut merupakan hal yang normal. Semakin sering kalian menggunakan iPhone dan mengisi daya baterai, semakin terasa juga penurunan kesehatan baterai meskipun dalam jangka waktu yang cukup lama.


Tips dan Trik Menjaga Battery Health iPhone 12, 12 Mini, 12 Pro dan 12 Pro Max Tetap Awet

Disamping Faktor-faktor di atas, kalian juga dapat memaksimalkan Battery Health pada iPhone 12 agar tetap awet dan tidak cepat menurun. Bahkan tips dan trik berikut akan berpengaruh cukup secara siginifikan apabila diterapkan dengan baik. Apa sajakah itu?

  1. Selalu menggunakan aksesoris pengisian daya iPhone yang asli
  2. Segera melakukan pengisian daya apabila baterai sudah menyentuh di angka 20% - 25%
  3. Melakukan pengisian daya maksimal hingga ke sekitar 80% saja, dapat membantu menjaga kesehatan baterai secara signifikan
  4. Sebisa mungkin hindari memainkan iPhone sambil diisi daya
  5. Kurangi kecerahan layar atau gunakan mode daya rendah untuk meningkatkan masa pakai baterai
  6. Rutin mengupdate iOS ke versi terbaru
  7. Hindari penggunaan power bank berkualitas rendah
  8. Jangan menaruh iPhone ditempat yang panas atau terpapar sinar matahari langsung

Bagaimana tidak sulit kan? sebagai informasi tambahan, Battery Health pada jajaran iPhone 12 sudah dilengkapi dengan teknologi yang sangat canggih, sehingga normalnya dampak penurunan Battery Health tidak akan terlalu terasa (mungkin hanya sekitar 3-5% saja dalam setahun).

Baterai pada iPhone sendiri masuk dalam kategori perlu untuk diganti apabila Battery Health sudah menyentuh angka di bawah 75%, atau sudah muncul peringatan manajemen kinerja baterai diterapkan yang berfungsi untuk mencegah iPhone mati secara tiba-tiba.

Baik itu saja informasi penyebab Battery Health iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max yang Cepat Menurun. Apabila ada yang ingin ditanyakan, sampaikan atau mungkin ada yang ingin menambahkan? silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah :)