Cara Masuk Mode Recovery dan DFU di iPhone 12, 12 Pro atau 12 Mini

Bagi pengguna iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max, pada postingan kali ini Admin akan membagikan tutorial / cara memasuki Mode Recovery atau Mode DFU di iPhone kalian. Namun sebelum itu, Admin akan sedikit menjelaskan apa fungsi dari Mode Recovery dan Mode DFU.


Apa itu Mode Recovery?

Mode Recovery atau Mode Pemulihan, berfungsi untuk mengizinkan iTunes memperbaiki iOS pada iPhone kalian yang bermasalah, entah dengan melakukan update ke iOS versi terbaru sampai menginstall ulang / restore iOS apabila metode update tidak menyelesaikan masalah.

Ketika memasuki Mode Recovery iTunes akan menawarkan apakah ingin melakukan Restore atau Update.

Apa itu Mode DFU?

Sedangkan Mode DFU atau Device Firmaware Update, merupakan mode spesial dimana iPhone dapat berkomunikasi dan terhubung ke iTunes atau Finder Mac, tanpa melalui proses iBoot atau Boatloader. Mode DFU ini biasanya digunakan untuk melakukan update atau downgrade iOS pada iPhone yang bermasalah karena gagal update, hingga digunakan juga untuk proses jailbreak.

Saat berada pada Mode DFU, layar iPhone akan menampilkan tampilan hitam total.

Cara Masuk Recovery Mode di iPhone 12

1. Pertama, silakan install atau update aplikasi iTunes ke versi paling terbaru saat ini (khusus pengguna MacOS Catalina kalian tidak memerlukan iTunes)

2. Jika sudah sambungkan iPhone ke komputer menggunakan kabel data lalu buka aplikasi iTunes

3. Sekarang masukan iPhone ke Mode Recovery dengan cara berikut:

  • Tekan tombol "Volume Atas" lalu lepas.
  • Tekant tombol "Volume Bawah" lalu lepas.
  • Tekan dan Tahan terus tombol "Power/Lock" hingga aplikasi iTunes menampilkan menu mode Recovery.

4. Saat proses masuk ke Mode Recovery iTunes akan menampilkan pesan untuk melakukan Restore atau Update

5. Silakan pilih Restore untuk menghapus total iPhone atau Update untuk memperbarui iOS pada iPhone tersebut ke versi terbaru

*Untuk keluar dari Mode Recovery, cabut sambungan dari komputer, kemudian tekan dan tahan terus tombol Lock hingga iPhone restart.

Cara Masuk DFU Mode di iPhone 12

1. Sama seperti mode Recovery, silakan install atau update aplikasi iTunes ke versi paling terbaru saat ini (khusus pengguna MacOS Catalina kalian tidak memerlukan iTunes)

2. Jika sudah sambungkan iPhone ke komputer menggunakan kabel data lalu buka aplikasi iTunes

3. Sekarang masukan iPhone ke Mode DFU dengan cara berikut:

  • Tekan tombol "Volume Atas" lalu lepas.
  • Tekan tombol "Volume Bawah" lalu lepas.
  • Kemudian Tekan dan Tahan terus tombol "Power/Lock" hingga layar iPhone hitam.
  • Setelah layar iPhone hitam, tanpa melepas tombol "Power/Lock", langsung tekan dan tahan juga tombol "Volume Bawah" selama 5 detik.
  • Setelah 5 detik, lepat tombol "Power/Lock" menyisakan tombol "Volume Bawah" yang tetap ditekan.

4. Apabila berhasil maka aplikasi iTunes akan menampilkan pesan telah memasuki Mode Recovery, namun jika tidak silakan ulangi langkah-langkah di atas dengan lebih teliti lagi

5. Terakhir, silakan lakukan proses Restore iPhone apabila diminta oleh iTunes

Untuk keluar dari Mode DFU, cabut sambungan dari komputer, kemudian dengan cepat tekan Volume Atas lalu lepas, kemudian tekan Volume Bawah lalu lepas, dan yang terakhir tekan dan tahan tombol Lock hingga iPhone restart.

Apabila masih belum jelas, kalian bisa menyaksikan video yang dibagikan 9to5mac berikut:


Bagaimana apakah kalian telah berhasil memasuki mode Recovery ataupun DFU? masalah apa sebenarnya yang iPhone kalian alami sehingga harus memasuki salah satu dari kedua mode tersebut? silakan tinggalkan pesan, komentar atau pertanyaan kalian pada kolom komentar di bawah ya.. :)