Seberapa Penting Battery Health pada iPhone?

Battery Health atau Kesehatan Baterai merupakan fitur pada iPhone yang digunakan untuk memantau performa hingga sisa kapasitas asli baterai (kapasitas maksimum). Komponen Baterai sendiri termasuk yang ada pada iPhone, akan terus menerus mengalami penurunan performa dan kapasitas seiring dengan berjalannya waktu dan penggunaan.



Seberapa Penting Battery Health pada iPhone?

Tidak jarang banyak pengguna iPhone yang bertanya-tanya tentang seberapa pentingkah Battery Health atau Kesehatan Baterai pada iPhone? jawabannya tentu saja Cukup Penting!

Mengapa? mari kita lihat dulu dampak dari menurunnya Battery Health (kapasitas maksimum) iPhone yang biasanya terjadi jika sudah menyentuh angka di bawah 80%.

  • Waktu penggunaan sehari-hari menjadi lebih singkat (baterai tidak bertahan lama) terutama saat digunakan untuk bermain game
  • iPhone akan sering melakukan pengisian daya karena hal pertama di atas
  • Performa iPhone menurun, seperti terasa lama saat membuka aplikasi hingga lag saat menjalankan game
  • Aplikasi di latar belakang perlu disegarkan kembali atau dimuat ulang

Dalam beberapa kasus ekstrem, terutama untuk model iPhone yang sudah berumur dan Battery Health sudah sampai menyentuh angka di bawah 70%, berikut adalah dampak terburuknya.

  • Volume speaker menjadi lebih rendah sekitar 3dB
  • Kecerahan layar sedikit berkurang meskipun bisa diatur kembali
  • Performa iPhone menurun drastis
  • Aplikasi sering keluar dengan sendirinya
  • iPhone menjadi lag, freeze / hang, sampai sulit merespon sentuhan
  • iPhone sering restart dengan sendiri
  • Baterai tiba-tiba drop atau habis meskipun masih menunjukan di level yang tinggi
  • Cahaya Flash tidak bisa digunakan / dinonaktifkan
  • Dalam kasus terparah, iPhone bisa mati total atau stuck di logo Apple

Bagaimana menurut kalian, apakah Battery Health pada iPhone itu penting?

Namun begitu kalian tidak perlu terlalu khawatir, menurunnya Battery Health iPhone hingga ke tingkat paling parah, normalnya akan memakan waktu hingga tahunan, sedangkan untuk iPhone model terbaru biasanya akan bertahan lebih lama lagi karena telah dilengkapi teknologi yang lebih canggih.


Nah maka dari itu, cukup penting untuk selalu memantau penurunan Battery Health iPhone di setiap bulannya, melalui Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai.

Kapan Baterai iPhone Harus Diganti?

Baterai iPhone masuk dalam kategori perlu diganti apabila kalian telah mengalami gejala-gejala seperti yang telah disebutkan di atas, atau jika memungkinkan segera ganti ketika Battery Health telah menunjukan angka 75% atau lebih rendah dan telah menampilkan pesan:

"Kesehatan baterai Anda berkurang drastis. Penyedia Layanan Resmi Apple dapat mengganti baterai untuk memulihkan kinerja dan kapasitas penuh. Selengkapnya mengenai pilihan servis…"

atau...

"iPhone ini telah dimatikan tiba-tiba karena baterai tidak dapat menghantarkan daya puncak yang diperlukan. Manajemen kinerja telah diterapkan untuk membantu mencegah ini terjadi kembali. Nonaktifkan…"

Dimana harus mengganti baterai iPhone? jika belum berpengalaman sangat disarankan untuk mendatangi Service Center Apple atau ke tempat dengan teknisi yang sudah profesional dibidangnya. Selain itu jangan lupa juga ganti baterai dengan komponen yang asli dan resmi dari Apple, meskipun harganya tegolong tidak murah namun sebanding dengan kualitas yang akan didapatkan.