Cara Membuat Tanda Tangan di PDF iPhone dan iPad Tanpa Aplikasi

Ingin membuat tanda tangan pada dokumen PDF melalui iPhone ataupun iPad kalian? mudah sekali, pada postingan kali ini admin akan membagikan cara membuat tanda tangan pada dokumen PDF langsung melalui iPhone dan iPad kalian, bahkan tanpa perlu download aplikasi tambahan.


Cara yang akan admin bagikan ini adalah dengan memanfaatkan fitur Markah, kalian akan melakukan tanda tangan secara langsung menggunakan jari kalian. Bagi pengguna iPad, silakan gunakan Apple Pencil jika ada untuk hasil yang lebih baik.


Baik kalau begitu langsung saja praktekan cara-caranya berikut ini.

Cara Membuat Tanda Tangan di PDF iPhone dan iPad Tanpa Aplikasi

1. Pertama silakan tempatkan atau salin file PDF yang akan dibuat tanda tangan ke dalam aplikasi File, caranya:

  • Buka file PDF yang akan dibuat tanda tangan
  • Kemudian cari dan pilih menu Bagikan lalu pilih Simpan ke File
  • Jika sudah silakan pilih Di iPhone Saya lalu tap Simpan

2. Selanjutnya silakan buka aplikasi File


3. Kemudian masuk ke direktori tempat tadi file PDF kalian simpan, seperti contoh tadi kita memilih lokasi Di iPhone Saya

  • Apabila kalian tidak dapat menemukan direktori Di iPhone Saya, silakan tap menu Telusuri dipojok kiri bawah, kemudian tap lagi menu Telusuri dipojok kanan atas untuk mencari direktori lokasi lainnya

3. Selanjutnya buka file PDF tersebut lalu cari letak / tempat dimana tanda tangan akan dibuat

4. Jika sudah silakan tap pada menu Markah (dipojok kanan atas / icon bolpoin)


5. Kemudian dibagian bawah, tap pada icon tanda tambah "+" kemudian pilih menu Tanda Tangan


6. Selanjutnya buat tanda tangan yang diinginkan lalu tap Selesai jika sudah

7. Terakhir silakan tempatkan tanda tangan ke area yang diinginkan


Tips: untuk memperbesar gambar tanda tangan silakan tarik titik biru dibagian bingkai kotak tanda tangan, sedangkan untuk memutar atau memposisikan tanda tangan silakan gunakan dua jari dan putar tanda tangan ke arah yang diinginkan.

Selain itu kalian juga bisa menggunakan cara manual menggunakan fitur Marker untuk membuat tanda tangan, meskipun cara ini terkesan sedikit lebih sulit.

1. Silakan tap pada icon Bolpoin, lalu tap sekali lagi untuk mengatur ketebalan Bolpoin, jika sudah tap lagi menu Bolpoin untuk menutup menu


2. Sekarang silakan lakukan Tanda Tangan menggunakan jari kalian pada area yang diinginkan


3. Apabila ada yang salah dengan Tanda Tangan (mungkin tidak rapih atau ingin diulang kembali), silakan tap pada menu Undo atau gunakan menu Penghapus untuk menghapus tanda tangan.


4. Jika Tanda Tangan sudah selesai, langsung saja tap menu "Selesai" dipojok kiri atas untuk menyimpan perubahan

5. Terakhir, untuk membagikan kembali file PDF melalui media apapun, mungkin WhatsApp, Email dan lain sebagainya, silakan tap dan tahan pada file PDF tersebut lalu tap menu Bagikan


Nah bagaimana menurut kalian? gampang kan? tidak perlu aplikasi tambahan lagi, kalian cukup menggunakan fitur Markah untuk membuat tanda tangan pada file dokumen PDF di iPhone maupun iPad kalian.

Selain tanda tangan, kalian juga dapat memanfaatkan fitur markah untuk keperluan lainnya seperti Highlight, membuat catatan pada bagian PDF tertentu dan lain sebagainya.

Baik itu saja cara membuat tanda tangan di PDF iPhone dan iPad tanpa aplikasi. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah ya.. :)