Cara Highlight Tulisan / Text PDF di iPhone dan iPad Tanpa Aplikasi

Ingin menandai (highlight) text atau tulisan pada dokumen PDF diiPhone atau iPad? tepat sekali, sebab pada postingan kali ini admin akan membagikan cara menandai atau highlight teks pada dokumen PDF langsung melalui iPhone atau iPad kalian tanpa perlu download aplikasi tambahan.


Memang bisa? tentu saja, disini kita akan memanfaatkan fitur "Markah" untuk melakukannya. Biar tidak penasaran langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.


Cara Menandai / Highlight Teks di iPhone dan iPad Tanpa Aplikasi Tambahan

1. Pertama silakan salin atau tempatkan file PDF yang akan dihighlight ke dalam aplikasi File, caranya:

  • Buka file PDF yang akan dihighlight
  • Kemudian cari dan pilih menu Bagikan lalu pilih Simpan ke File
  • Jika sudah silakan pilih Di iPhone Saya lalu tap Simpan

2. Selanjutnya silakan buka aplikasi File


3. Kemudian masuk ke direktori tempat tadi file PDF kalian simpan, seperti contoh tadi kita memilih lokasi Di iPhone Saya

  • Apabila kalian tidak dapat menemukan direktori Di iPhone Saya, silakan tap menu Telusuri dipojok kiri bawah, kemudian tap lagi menu Telusuri dipojok kanan atas untuk mencari direktori lokasi lainnya

3. Selanjutnya buka file PDF tersebut lalu tap menu "Markah (icon bolpoin)" yang terdapat dipojok kanan atas, contohnya bisa kalian lihat pada gambar di bawah berikut:


4. Kemudian pada menu bagian bawah PDF, silakan tap menu garis "Stabilo", kemudian tap menu "Warna" untuk mengubah warna dan ketebalan Highlight, contohnya seperti yang ditunjukan oleh gambar berikut


5. Sekarang kalian bisa memilih warna Highlight yang diinginkan dan jangan lupa atur OPASITAS ke angka sekitar 40% - 65% agar hightlight tidak terlalu tebal sehingga teks sulit terlihat (silakan atur sesuai keinginnan)


6. Jika sudah silakan tutup menu warna (tap menu X), kemudian mulailah mengusap teks yang akan dihighlight, agar lebih mudah kalian bisa melakukan Zoom pada file PDF sehingga teks tampak lebih besar (usap dua jari seperti mencubit untuk zoom).


7. Jika sudah selesai, kalian dapat menyimpannya dengan tap menu "Selesai" yang ada diujung kiri atas

8. Untuk membagikan kembali aplikasi tersebut melalui media apapun, mungkin WhatsApp, Email dan lain sebagainya, silakan tap dan tahan pada file PDF lalu tap menu Bagikan


Bagaimana gampang kan? kalian tidak perlu repot-repot lagi download aplikasi tambahan, cukup menggunakan fitur Markah di aplikasi File bawaan iPhone untuk melakukan Highlight tulisan pada berbagai dokumen PDF.

Selain itu, kalian juga dapat memanfaatkan fitur Markah tersebut untuk keperluan lainnya, seperti misalnya membuat tanda tangan atau memberikan catatan untuk bagian tertentu pada dokumen PDF.

Baik itu saja cara Highlight Tulisan / Text dokumen PDF di iPhone dan iPad Tanpa Aplikasi. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah :)