Bagaimana Cara Install Tweaks di iPhone dan iPad?

Pernah mendengar istilah Tweaks untuk iPhone maupun iPad? nah bagi yang masih bingung mengenai Tweaks pada iPhone, entah artinya, fungsinya dan cara mendapatkan atau menginstallnya, pada postingan kali ini admin akan menjelaskan semuanya.


Apa itu Tweaks pada iPhone?

Tweaks pada iPhone merujuk pada sebuah program yang digunakan untuk melakukan modifikasi pada sistem, tampilan maupun aplikasi yang ada pada iPhone.


Tweaks hanya dapat diinstall apabila iPhone, iPad maupun iPod touch kalian sudah dalam keadaan di Jailbreak.


Bagaimana Cara Install Tweaks di iPhone?

Pertama-tama iPhone yang kalian digunakan harus dalam keadaan sudah di Jailbreak. iPhone yang sudah di Jailbreak secara otomatis akan terinstall aplikasi manajemen jailbreak seperti Cydia maupun Sileo. Melalui aplikasi manajemen jailbreak itulah tersedia beragam pilihan Tweaks gratis maupun berbayar yang dapat langsung kalian install.


Namun begitu aplikasi seperti Cydia ataupun Sileo tidak secara langsung menyediakan Tweaks tersebut, melainkan melalui sebuah sumber yang disebut juga sebagai Repo / Repository (berbentuk link atau alamat web).

Biasanya masing-masing aplikasi Manajemen Jailbreak memiliki Repo-nya tersendiri, meskipun begitu kalian dapat menambahkan Repo lainnya dengan mudah melalui menu yang sudah disediakan (Sources) pada aplikasi Cydia maupun Sileo.

Cara Jailbreak iPhone?

Jailbreak pada iPhone didapatkan melalui beragam celah keamanan yang ditemukan, dengan tujuan untuk memasuki sistem akar / root pada iPhone sehingga dapat dimodifikasi.

Membuat aplikasi Jailbreak bukanlah hal yang mudah, Apple sangat menentang adanya Jailbreak, maka dari itu keamanan iPhone setiap tahunnya terus meningkat sehingga membuat developer Jailbreak semakin kesulitan menemukan celah yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan Jailbreak. Karena alasan itulah ketersediaan Jailbreak pada iPhone hingga kini biasanya dibagi pada setiap versi iOS, dan satu lagi, tidak semua versi iOS maupun iPhone dapat di Jailbreak.



Bagi yang berniat melakukan Jailbreak, kalian dapat cek ketersediaan Jailbreak untuk versi iOS dan iPhone yang kalian miliki melalui Wikipedia: https://en.wikipedia.org/wiki/IOS_jailbreaking

Jika iPhone, iPod touch, maupun iPad yang kalian gunakan masuk dalam kategori tersedia untuk di Jailbreak, langsung saja masuk ke menu pencarian diblog ini versi iOS yang kalian gunakan contohnya "Jailbreak iOS 14.2", atau silakan tinggalkan versi iOS beserta model iPhone yang kalian gunakan pada kolom komentar di bawah, nanti admin bantu carikan tutorialnya :)

Apakah Jailbreak dapat Merusak iPhone?

Singkatnya Tidak, karena semua dilakukan berdasarkan software saja, namun begitu risiko tetaplah ada, terutama untuk keamanan dan stabilitas. Jailbreak merupakan tindakan yang Legal disebagian besar negara, meskipun begitu risiko dari melakukan Jailbreak sepenuhnya ditanggung oleh masing-masing pengguna.

Untuk menghapus Jailbreak dari iPhone dapat dilakukan dengan mudah melalui proses Restore iPhone, selengkapnya: Cara Lengkap Menghapus Total Jailbreak di iPhone pada iOS versi Berapapun

Bagaimana sudah tau kan apa itu Tweaks pada iPhone dan bagaimana cara menginstallnya? kalau masih bingung dan ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan di kolom komentar di bawah, nanti sebisa mungkin admin akan jawab, hehe :)