Cara Mengaktifkan Fitur Back Tap di Semua iPhone

Back Tap atau Ketuk Bagian Belakang, merupakan salah satu fitur Pintasan yang pertama kali diperkenalkan oleh Apple melalui iOS 14. Kalian dapat mengatur pintasan seperti Screenshot, Mengunci iPhone, Volume, Silent dan lain sebagainya, cukup dengan mengetuk (tap dengan jari) pada bagian belakang iPhone sebanyak dua atau tiga kali sesuai dengan pengaturan yang dibuat.


Namun perlu diperhatikan, fitur ini hanya dimiliki oleh beberapa model iPhone tertentu, seperti iPhone 8, iPhone X, iPhone Xr, iPhone Xs, iPhone Xs Max, iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max dan seterusnya.


Cara Mengaktifkan Fitur Back Tap di iPhone (Minimal iOS 14)

1. Silakan buka aplikasi Pengaturan (Settings)

2. Lalu masuk ke menu Aksesibilitas (Accesibility) > Sentuh (Touch) > Ketuk Bagian Belakang (Back-Tap)



3. Selanjutnya silakan pilih menu Ketuk Dua Kali (Double Tap) untuk mengatur tap sebanyak dua kali atau Ketuk Tiga Kali (Triple Tap) untuk mengatur tap sebanyak tiga kali


4. Apabila sudah silakan pilih menu yang akan dijadikan pintasan


5. Untuk mencoba pintasan tersebut silakan Tap / Ketuk pada bagian belakang iPhone kalian sebanyak dua atau tiga kali sesuai dengan pengaturan yang tadi dibuat


iPhone menggunakan case? tidak masalah, fitur backtap ini sudah admin coba sendiri bahkan menggunakan case berukuran tebal yang ditengahnya bisa diselipkan kartu, alhasil fitur Back Tap masih bisa berjalan dengan sangat baik!

Satu lagi, fitur ini tidak boros baterai ya, admin sendiri sudah mencobanya kok dan memang tidak ada pengaruh apapun terhadap ketahanan baterai.

Bagi yang belum bekesempatan mendapatkan fitur ini, memang rasanya cukup mengecewakan, entah apa alasannya, namun yang pasti fitur ini tidak hadir bagi pengguna iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6S, iPhone 6S Plus, iPhone SE 2016, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8, iPhone 8 Plus dan iPhone SE 2020.