Cara Mengaktifkan LED Notifikasi di Semua iPhone

Selain ringtone atau bunyi, kalian juga dapat memanfaatkan LED atau cahaya kilat (flash) pada kamera iPhone sebagai tanda notifikasi masuk. Fitur LED Notifikasi ini sangat cocok digunakan pada kondisi sekitar atau ruangan yang gelap atau sebagai pengganti fungsi suara notifikasi.

Namun begitu, agar cahaya LED dapat terlihat saat notifikasi masuk, tentu jangan menaruh iPhone dalam posisi layar menghadap ke atas. Sangat disarankan untuk menaruh iPhone dengan posisi layar menghadap ke bawah atau dalam posisi berdiri, intinya jangan sampai LED cahaya flash iPhone tertutup deh, hehe.


Untuk Flash LED pada iPhone sendiri terletak disekitar area kamera bagian belakang iPhone, dengan bentuk bulat dengan warna putih kekuningan.


Baik kalau begitu langsung saja ikuti cara berikut ini untuk mengaktifkan LED Notifikasi di semua model iPhone dan iPad, termasuk: iPhone, termasuk iPhone 6, iPhone 6S, iPhone 6S Plus, iPhone SE 2016, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone X, iPhone Xr, iPhone Xs, iPhone Xs Max, iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone SE 2020, iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max atau lebih baru.

Cara Mengaktifkan LED Notifikasi di Semua iPhone

Perlu diketahui, LED Notifikasi ini hanya akan aktif ketika iPhone dalam kedaan terkunci / sedang tidak digunakan saja.

1. Pertama, silakan buka aplikasi Pengaturan iPhone

2. Kemudian masuk ke menu Aksesibilitas lalu pilih lagi menu Audio/Visual


3. Jika sudah, silakan nyalakan menu Kilat LED Peringatan


4. Secara bawaan fitur LED Notifikasi hanya akan aktif saat suara iPhone di-silent. Nah, agar dapat aktif meski tidak di-silent, silakan nonaktifkan menu "Kilat saat Hening".

5. Untuk mencobanya, silakan kunci iPhone kalian (tekan tombol Lock itu loh..) kemudian tunggu hingga ada notifikasi masuk dan lihat hasilnya, cahaya flash LED iPhone akan berkedip dengan cepat sebanyak 3 kali pertanda adanya notifikasi terbaru yang masuk :)

Bagaimana gampang kan? untuk menonaktifkan fitur LED Notifikasi ini, kalian cukup mengulangi cara di atas dan mematikan menu Kilat LED Peringatan.

Baik itu saja cara-cara mengaktifkan LED Notifikasi di semua model iPhone terbaru. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih :)