Cara Mencari Judul Suara Lagu / Musik di iPhone dengan Shazam

Ingin mengetahui dan mencari judul musik maupun lagu yang diputar dari dalam aplikasi iPhone? atau mungkin, ingin mendeteksi judul musik atau lagu melalui suara dari luar iPhone? 


Bisa banget kok, bagi kalian pengguna iPhone dan iPad pada postingan kali ini admin akan membagikan cara mudah mencari, mengetahui ataupun mendeteksi lagu dan musik yang diputar dalam aplikasi ataupun suara dari luar tanpa perlu download aplikasi lagi.


Aplikasi Pendeteksi Lagu di iOS iPhone dan iPad

Mulai dari iOS 14 tepatnya iOS 14.2, Apple telah mengintegrasikan fitur pendeteksian judul lagu atau musik dari layanan aplikasi Shazam melalui Pusat Kontrol (control center), sehingga kalian dapat mendeteksi judul lagu / musik yang keluar atau diputar dari dalam video atau aplikasi, seperti TikTok, Instagram, YouTube, Twitter dan lain sebagainya, bahkan tanpa perlu mendownload aplikasi Shazam itu lagi.

Cara Mendeteksi Judul Lagu Menggunakan Aplikasi Shazam di iPhone dan iPad

Untuk mendeteksi suara musik / lagu yang berasal dari dalam aplikasi, pastikan iPhone atau iPad kalian telah menggunakan iOS versi terbaru tepatnya iOS / iPadOS 14.2 atau lebih baru. Untuk cek versi iOS silakan masuk ke Pengaturan > Umum > Mengenai > Versi Perangkat Lunak, sedangkan melakukan update ke iOS versi terbaru silakan buka aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

Jika sudah siap, langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini:

1. Pertama-tama kita akan menambahkan Pintasan / Shortcut menu Pengenalan Musik ke dalam Pusat Kontrol iPhone, caranya:

  • Buka aplikasi Pengaturan lalu masuk ke menu Pusat Kontrol (control center)
  • Selajutnya silakan cari dan tambahkan pintasan menu Pengenalan Musik (tap menu tanda tambah '+' disampingnya)

2. Jika sudah silakan buka aplikasi yang akan dideteksi judul suara musik atau lagunya, sebagai contoh disini admin akan mendeteksi lagu dari video pada aplikasi TikTok


3. Selanjutnya buka Pusat Kontrol (control center) iPhone lalu tap pada menu / icon Pengenalan Musik Shazam


4. Jika sudah, tutup menu Pusat Kontrol dan putar musik atau lagu pada aplikasi yang akan dideteksi

5. Apabila berhasil maka aplikasi Shazam akan menunjukan Judul Lagu dari musik atau lagu yang diputar tersebut melalui panel notifikasi :)


6. Silakan buka menu notifikasi tersebut untuk melihat detail lagu / musik yang telah dideteksi

Cara diatas juga dapat kalian terapkan untuk mendeteksi judul musik / lagu dari suara yang berasal dari luar iPhone.

Atau gunakan aplikasi Shazam (Download terlebih dahulu aplikasi Shazam melalui App Store atau langsung saja klik link berikut: Download Shazam via App Store) kemudian tap pada menu Sentuh Untuk Shazam, maka secara otomatis aplikasi Shazam akan mendengarkan suara dari luar iPhone melalui mikrofon untuk mencarikan judul lagu / musik yang diinginkan.


Bagaimana menarik bukan? meskipun begitu tidak semua musik atau lagi dapat dideteksi ya, terutama untuk musik atau lagu yang merupakan hasil campur-campur / remix hehe.. tetapi untuk musik / lagu mainstream apalagi lagu-lagu yang sudah terkenal, tidak perlu diragukan lagi keandalan pendeteksiannya..

Baik itu saja cara-cara mencari judul suara lagu atua musik di iOS / iPadOS iPhone, iPad dan iPod touch menggunakan aplikasi Shazam. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih :)