Cara Mengatasi Layar iPhone Berubah Jadi Hitam Putih / Abu-Abu

Apakah layar pada iPhone atau iPad kalian tiba-tiba saja berubah menjadi warna hitam-putih atau abu-abu? tidak perlu khawatir, pada kebanyakan kasus ada kemungkinan secara tidak sengaja kalian telah mengaktifkan fitur "Filter Warna" atau "Color Filters".


Loh kok bisa aktif ya? mungkin tidak sengaja tersentuh saat ditaruh dalam kantong? atau mungkin salah mengaktifkan fitur dan lupa yang mana? pokoknya tidak perlu khawatir langsung saja ikuti cara di bawah berikut untuk mengatasinya.

Matikan Filter Warna atau Color Filters

1. Pertama silakan buka aplikasi Pengaturan (Settings)

2. Kemudian masuk ke menu Aksesbilitas (Accesibility) > Layar & Ukuran Teks (Display & Text Size) > Filter Warna (Color Filters)


3. Jika sudah langsung saja matikan menu Filter Warna atau Color Filters dan lihat hasilnya!


Namun, apabila menu Filter Warna atau Color Filter dalam keadaan tidak aktif, ada kemungkinan hal tersebut disebabkan oleh fitur "Zoom". Kalau begitu langsung saja ikuti cara kedua di bawah berikut.

Matikan Fitur Zoom

1. Sama seperti di atas, pertama-tama langsung saja buka aplikasi Pengaturan (Settings)

2. Kemudian masuk ke menu Aksesibilitas (Accesibility) > Zoom


3. Setelah itu langsung saja matikan menu Zoom dan lihat hasilnya


4. Jika diperhatikan baik-baik pada menu Zoom tepatnya pada bagian "Filter Zoom", kalian akan melihat warna yang diubah menjadi Skala Abu-Abu, nah itulah penyebab mengapa saat fitur Zoom diaktifkan warna layar berubah menjadi hitam-putih (abu-abu). Jadi apabila selanjutnya ingin menggunakan fitur Zoom silakan atur menu Filter Zoom ke Tidak Ada aga tidak ada perubahan warna yang terjadi.

Bagaimana apakah cara-cara di atas sudah berhasil memperbaiki layar iPhone atau iPad kalian yang berubah menjadi Hitam-Putih atau Abu-Abu? Admin harap begitu ya.. 

Namun apabila cara-cara di atas tidak juga membuahkan hasil, kalian bisa coba mereset selutuh pengaturan iPhone ke pengaturan awal tanpa menghapus data pribadi. Kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Cara Reset Pengaturan iPhone (Tanpa Hapus Data)

1. Pertama buka aplikasi Pengaturan (Settings)

2. Kemudian masuk ke menu Umum (General) > Atur Ulang (Reset) lalu pilih menu Atur Ulang Pengaturan (Reset All Settings)


3. Jika sudah silakan tunggu hingga prosesnya selesai dan lihat hasilnya

Sudah berhasil? seharusnya sudah ya, namun apabila benar-benar masih belum juga membuahkan hasil, langkah terakhir yang kalian bisa coba untuk mengatasinya adalah dengan melakukan update iOS ke versi terbaru melalui Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak (Software Update).

Baik, itu saja informasi cara mengatasi layar iPhone yang berubah menjadi hitam-putih atau abu-abu. Apabila ada yang ingin ditanyakan, sampaikan atau mungkin punya solusi untuk dibagikan ke pemaca lainnya? silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih :)