Cara Mengatasi Layar iPhone Tidak Mati / Terkunci Otomatis

Layar iPhone kalian tidak terkunci atau mati secara otomatis? kalau begitu kalian tidak sendiri, diluar sana banyak pengguna iPhone maupun iPad yang juga mengalami masalah serupa. Sejauh ini penyebab masalah tersebut diduga diakibatkan oleh Bug pada versi iOS atau iPadOS yang kalian gunakan, sebab tidak sedikit juga yang mengalaminya setelah melakukan update iOS.


Nah untuk mengatasinya kalian bisa mengikuti beberapa cara berikut ini.

Pastikan Auto-Lock / Kunci-Otomatis sudah Diatur dengan Benar

Sebelum melanjutkan ke cara yang lebih rumit, pertama-tama pastikan dulu jika fitur Auto-Lock atau Kunci-Otomatis di iPhone dan iPad kalian tidak diatur ke "Jangan Pernah" atau "Never".

Sebagai catatan, silakan nonaktifkan Mode Daya Rendah / Low Power Mode sebelum mengatur fitur Kunci Otomatis iPhone.

Caranya silakan buka aplikasi Pengaturan lalu masuk ke menu Tampilan & Kecerahan > Kunci-Otomatis, jika sudah pastikan waktu agar iPhone mengunci layar secara otomatis telah diatur sesuai keinginan.

Ubah Durasi Kunci Otomatis

Hampir sama seperti cara pertama di atas, namun disini yang kalian perlu lakukan adalah mengubah durasi kunci otomatis ke Jangan Pernah atau Never, setelah itu Restart iPhone kemudian kembalikan lagi pengaturan kunci otomatis ke waktu yang diinginkan. Jika sudah silakan lihat hasilnya.

Restart iPhone atau iPad

Cara kedua ini terbilang cukup sederhana, kalian cukup mematikan iPhone kemudian menyalakannya kembali (istilahnya Restart), bagi yang belum tahu cara mematikan iPhone berikut caranya.

  • Khusus iPhone Layar Penuh / iPad dengan Face ID: Tekan dan Tahan Tombol Power + Volume Bawah (atau Atas) hingga muncul menu untuk mematikan iPhone
  • Khusus Pengguna iPhone atau iPad lainnya dengan tombol Home: Tekan dan Tahan Tombol Power hingga muncul menu untuk mematikan iPhone

Bagi yang ingin memlakukan Force Restart, berikut caranya:

iPhone 8, Xr, Xs, 11, 12, SE 2020 atau lebih baru

  • (lakukan dalam tempo yang cepat) Tekan tombol Volume Atas lalu lepas, kemudian Tekan tombol Volume Bawah lalu lepas, terakhir Tekan dan Tahan tombol Power / Lock hingga iPhone menampilkan logo Apple alias Restart

iPhone 7 dan 7 Plus

  • Tekan dan Tahan tombol Volume Bawah dan Power / Lock secara bersamaan hingga iPhone Restart

iPhone 6S, 6, 5S atau lebih lama

  • Tekan dan Tahan tombol  Power / Lock dan Home secara bersamaan hingga iPhone Restart


Nonaktifkan dan Aktifkan Kembali Password

Banyak laporan yang mengatakan bahwa dengan menonaktifkan Password kemudian mengaktifkannya kembali akan memperbaiki layar iPhone yang tidak mau terkunci otomatis. Kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

1. Buka aplikasi Pengaturan kemudian masuk ke menu Face ID atau Touch ID & Kode Sandi

2. Jika sudah silakan pilih menu Matikan Kode Sandi atau Turn Passcode Off


3. Apabila sudah password sudah dinonaktifkan, silakan Restart iPhone atau iPad kalian

4. Setelah Restart selesai langsung saja aktifkan kembali Password di iPhone dan iPad dan lihat hasilnya

Nonaktifkan Mode Daya Rendah

Mode Daya Rendah atau Low Power Mode merupakan fitur pada iPhone yang digunakan untuk menghemat penggunaan baterai. Tetapi tidak sedikit laporan yang mengatakan Mode Daya Rendah mengakibatkan layar iPhone tidak terkunci secara otomatis, ada kemungkinan hal ini diakibatkan oleh Bug pada iOS yang digunakan.

Bagi yang belum tahu cara menonaktifkan Mode Daya Rendah silakan buka Pusat Kontrol kemudian tap icon Baterai atau melalui Pengaturan > Baterai > Mode Daya Rendah.


Nonaktifkan Assistive Touch

Selanjutnya kalian bisa coba menonaktifkan Assistive Touch apabila dalam keadaan menyala, caranya silakan buka aplikasi Pengaturan > Aksesbilitas > Sentuh > Assistive Touch dan lihat hasilnya.

Reset Pengaturan iPhone

Selanjutnya kalian bisa coba mereset Pengaturan iPhone ke pengaturan semula / default, namun tenang cara ini tidak akan menghapus data-data di iPhone kalian tak terkecuali data pengaturan.

Buka aplikasi Pengaturan lalu masuk ke menu Umum > Atur Ulang lalu pilih Atur Ulang Pengaturan.

Update ke iOS Versi Terbaru

Untuk mencegah adanya kemungkinan Bug pada versi iOS yang digunakan pada iPhone dan iPad kalian sehingga menyebabkan iPhone tidak bisa mati atau terkunci otomatis, silakan cek dan update ke iOS versi terbaru apabila tersedia.

Caranya, siapkan koneksi WiFi (khusus data seluler bisa menggunakan jaringan 5G), kemudian masuk ke aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak. Apabila tersedia silakan download dan install pembaruan tersebut.

Restore iPhone ke Pengaturan Pabrik

Terakhir apabila cara-cara di atas tidak membuahkan hasil, kalian bisa mempertimbangkan untuk mereset iPhone ke pengaturan Pabrik melalui proses Restore di iTunes, selengkapnya bisa kalian lihat pada postingan berikut: Cara Restore iPhone ke Pengaturan Pabrik Menggunakan iTunes

Baik itu saja cara-cara mengatasi layar iPhone yang tidak mati atau terkunci otomatis, Admin berharap salah satu cara di atas dapat memperbaiki masalah tersebut. Jika kalian punya tips atau trik untuk memperbaikinya, boleh dong dishare tipsnya?