Cara Setting / Mengaktifkan Jaringan 5G di Semua iPhone yang Mendukung

Kecepatan Jaringan Seluler yang kita gunakan saat ini berevolusi dengan cukup cepat mengikuti perkembangan Teknologi. Disaat kita masih menikmati cepatnya jaringan 4G LTE, perkembangan Teknologi akan segera menyeret kita masuk ke era jaringan 5G.


Jaringan 5G sendiri menawarkan banyak peningkatan dibandingkan jaringan 4G, seperti kecepatan internet rata-rata yang jauh lebih cepat, latensi yang jauh lebih rendah, dan masih banyak lagi yang lainnya yang pastinya jauh mengungguli teknologi sebelumnya.


Mengikuti perkembangan teknologi, Apple mulai mengadopsikan dukungan jaringan 5G pada iPhone terbarunya. Meskipun untuk saat ini jaringan 5G belum tersedia secara umum di Indonesia, tetapi tidak ada salahnya dong bagi kalian pengguna atau pecinta iPhone untuk mengetahui cara mengaktifkan, menggunakan atau mengatur jaringan 5G.

iPhone yang Mendukung Jaringan 5G

Sebelum melanjutkan, perlu diketahui terlebih dahulu bahwa tidak semua iPhone mendukung jaringan 5G. Lalu apa saja iPhone yang dapat mengaktifkan atau menggunakan jaringan 5G?

  • iPhone 12 Pro Max
  • iPhone 12 Pro
  • iPhone 12
  • iPhone 12 Mini

Yup, untuk saat ini hanya keempat model iPhone di atas yang telah mendukung jaringan 5G.

Cara Setting / Mengaktifkan Jaringan 5G di iPhone

Pastikan iPhone yang kalian gunakan masuk ke dalam kategori iPhone yang mendukung jaringan 5G, kemudian pastikan juga kartu SIM dari operator seluler yang digunakan telah menyediakan atau mendukung internet 5G.

*Update November 2020, sampai saat ini belum ada operator jaringan internet di Indonesia yang menyediakan jaringan 5G untuk publik.

1. Pertama langsung saja buka aplikasi Pengaturan

2. Kemudian masuk ke menu Seluler > Pilihan Data Seluler > Suara & Data *apabila dual sim silakan pilih dulu nomor yang akan diatur

3. Selanjutnya pada menu Suara & Data silakan pilih menu 5G Otomatis (Auto) atau 5G Aktif (On)


Apa perbedaan diantara kedua pilihan menu 5G tersebut?

  • 5G Otomatis (Auto): iPhone akan mengaktifkan mode data cerdas yang secara otomatis akan menurunkan kecepatan dari 5G ke LTE dalam kondisi tertentu yang berutujuan untuk menghemat penggunaan baterai.
  • 5G Aktif (On) : iPhone akan selalu menggunakan jaringan 5G apapun kondisinya, namun begitu penggunaan baterai akan terasa jauh lebih boros.
  • Lalu "LTE" apa ya? LTE itu merupakan jaringan 4G, kalian bisa juga menggunakan atau kembali ke jaringan 4G / LTE ini apabila ingin menghemat penggunaan baterai atau karena jaringan 5G sedang tidak tersedia / stabil.

#4 : Terakhir silakan keluar ke menu utama aplikasi Pengaturan atau buka menu Pusat Kontrol, lalu nyalakan Mode Pesawat sekitar 5 - 10 detik, kemudian matikan kembali dan lihat hasilnya.

Ingat, pastikan operator yang kalian gunakan beserta daerah tempat kalian tinggal sudah menyediakan kemampuan untuk menjalankan jaringan 5G dengan baik.


Terakhir, apabila sudah mendapatkan jaringan 5G jangan lupa tes kecepatan internet kalian menggunakan aplikasi seperti SpeedTest dan lihat hasil kecepatannya.

Bagaimana apakah terdapat perubahan kecepatan yang signifikan pada jaringan 5G? jika ya boleh dong bagikan hasilnya pada kolom komentar di bawah? :)