Cara Mengatasi Kunci Otomatis / Auto Lock iPhone Tidak Bisa Diubah

Bingung mengapa menu Kunci Otomatis atau Auto-Lock yang digunakan untuk mengatur waktu otomatis layar akan dikunci / mati, tidak bisa diubah atau tidak bisa disentuh? tidak perlu khawatir masalah ini sebenarnya disebabkan oleh hal yang cukup sepele, namun tidak semua pengguna menyadarinya.



Lalu apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?

Nonaktifkan Mode Daya Rendah / Low Power Mode

Ya.. jika kalian mengaktifkan fitur "Mode Daya Rendah" atau "Low Power Mode", maka secara otomatis fitur "Kunci Otomatis" layar akan diturunkan menjadi 30 detik saja dan tidak dapat diubah.

Mode Daya Rendah ini biasanya akan diaktifkan apabila Baterai iPhone kalian sudah menyentuh angka 20% atau lebih rendah, dan akan dinonaktifkan ketika sedang dicas atau baterai sudah berada di atas 20%. Tujuan dari Mode Daya Rendah sendiri adalah menghemat penggunaan baterai iPhone dengan menonaktifkan beberapa fitur tertentu yang salah satunya adalah Kunci-Otomatis atau Auto-Lock.

Nah, untuk mengatasinya cukup mudah, yang perlu kalian lakukan hanya menonaktifkan fitur Mode Daya Rendah atau Low Power Mode tersebut.

Untuk mengecek apakah fitur Mode Daya Rendah sedang dalam keadaan aktif, kalian cukup melihat pada icon baterai diujung kanan atas, apabila berwarna kuning / orange itu pertanda Mode Daya Rendah dalam keadaan aktif, namun jika berwarna Putih itu menandakan Mode Daya Rendah dalam keadaan tidak aktif.


Bagaimana cara menonaktifkan Mode Daya Rendah? bisa melalui dua cara, pertama melalui Pusat Kontrol tap pada icon "Baterai" atau melalui Pengaturan > Baterai > Mode Daya Rendah.


Jika Mode Daya Rendah sudah dinonaktifkan, silakan cek kembali menu Kunci-Otomatis atau Auto-Lock dan lihat hasilnya.


Bagaimana gampang kan? sebenarnya apabila kalian teliti, kalian bisa melihat pesan yang terdapat dibagian bawah menu Kunci Otomatis / Auto Lock yang mengatakan bahwa "Saat dalam Mode Daya Rendah, kunci otomatis dibatasi menjadi 30 detik".


Baik, itu saja informasi cara mengatasi Kunci-Otomatis atau Auto-Lock iPhone dan iPad yang tidak bisa diubah, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pesan kalian pada kolom komentar di bawah, terima kasih :)