Cara Mengatasi Warna Layar iPhone Berubah / Tidak Sesuai

Pada postingan kali ini Admin akan membagikan cara-cara memperbaiki warna layar iPhone kalian yang tiba-tiba saja berubah dan mungkin dirasa tidak sesuai dengan iPhone pada umumnya. Entah berubah menjadi agak kuning, hitam-putih, kurang cerah dan lain sebagainya.


Namun sebelum melanjutkan perlu diperhatikan bahwa perubahan warna layar pada iPhone dapat juga disebabkan oleh fitur pada iPhone itu sendiri, jadi bagi kalian yang mungkin baru pertama kali menggunakan iPhone atau iPad hal tersebut seakan-akan menandakan ada masalah pada layar.

Baik biar tidak penasaran langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut untuk mengatasi warna layar iPhone yang mungkin tidak sesuai atau berubah.

Nonaktifkan Night Shift

Night Shift merupakan fitur yang berguna untuk mengubah warna layar iPhone ke warna yang lebih hangat (kuning), dengan tujuan mengurangi ketajaman cahaya pada layar dan membantu mata kalian lebih rileks dalam menatap layar dalam jangka waktu yang lama. Fitur biasanya akan aktif secara otomatis dan membuat layar iPhone atau iPad kalian menjadi terlihat jauh lebih kuning.

  • Silakan nonaktifkan fitur Night Shift melalui aplikasi Pengaturan > Tampilan & Kecerahan > Night Shift kemudian matikan menu "Terjadwal" atau "Aktifkan Manual Hingga Esok".

Nonaktifkan True Tone

Sedikit berbeda dari Night Shift, fitur True Tone bekerja lebih canggih dengan mengubah warna layar mengikuti pencahyaan disekitar kalian. Nah dalam beberapa kasus fitur True Tone juga dapat membuat tampilan layar berubah warna mungkin sedikit kuning atau biru.

  • Untuk mengatasinya cukup mudah silakan nonaktifkan fitur True Tone melalui aplikasi Pengaturan > Tampilan & Kecerahan kemudian nonaktifkan menu "True Tone".

Nonaktifkan Filter Warna

Filter Warna atau Color Filters merupakan fitur yang berguna untuk mengubah warna layar pada iPhone secara signifikan, fitur ini sebenarnya khusus digunakan bagi pengguna yang mengalami buta warna sehingga dapat melihat warna pada layar iPhone menjadi lebih baik.

  • Untuk menonaktifkan Filter Warna silakan buka aplikasi Pengaturan > Aksesbilitas > Layar & Ukuran Teks > Filter Warna kemudian matikan menu "Filter Warna" tersebut.
  • Selanjutnya pastikan kalian tidak mengaktifkan fitur Zoom dengan Filter Warna, untuk menonaktifkannya silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > Aksesbilitas > Zoom kemudian matikan menu "Zoom".

Nonaktifkan Tambah Kontras

Fitur ini berfungsi untuk memambah kontas warna pada tampilan menu iPhone agar lebih mudah dibedakan. Pastikan menu ini dalam keadaan tidak aktif. 

  • Cara menonaktifkannya silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > Aksesbilitas > Layar & Ukuran Teks kemudian matikan menu "Tambah Kontas"

Nonaktifkan Pembalikan Cerdas / Klasik

Pembalik Cerdas atau Pembalik Klasik akan mengubah warna pada tampilan layar ke warna sebaliknya, berbeda dengan Mode Gelap / Dark Mode fitur ini mengubah warna secara acak dan tidak teratur.

  • Silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > Aksesbilitas > Layar & Ukuran Teks kemudian pastikan menu "Pembalikan Cerdas" dan "Pembalikan Klasik" dalam keadaan tidak aktif.

Nonaktifkan Kurangi Titik Putih

Fitur ini dapat mengurangi intensitas warna cahaya pada layar secara signifikan, sehingga layar terlihat jauh lebih buram.

  • Silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > Aksesbilitas > Layar & Ukuran Teks kemudian pastikan menu "Kurangi Titik Putih" dalam keadaan tidak aktif.

Atur Ulang Pengaturan iPhone

Apabila cara-cara di atas tidak memperbaiki warna pada layar kalian yang berubah, silakan atur ulang pengaturan pada iPhone kalian ke pengaturan awal. Tetapi tenang saja cara di bawah berikut tidak akan menghapus datapribadi apapun tak terkecuali pengaturan iPhone.

  • Reset pengaturan iPhone melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Atur Ulang Pengaturan.

Kemungkinan Lainnya...

Apabila cara-cara di atas tidak ada satupun yang membuahkan hasil, ada kemungkinan layar pada iPhone atau iPad itu sendiri yang mengalami masalah atau kerusakan. Sangat disarankan untuk membawa iPhone atau iPad tersebut ke service center Apple untuk dicek lebih lanjut penyebab dan solusi mengatasinya.

Selain itu tidak sedikit juga pengguna yang mengeluhkan bahwa layar pada iPhone mereka memiliki garis seperti pelangi warna-warni ataupun bercak warna tertentu, yang kemungkinan terbesarnya layar mengalami kerusakan akibat terbentur atau mengalami tekanan.