Cara Mengatasi Layar iPhone Kurang Tajam / Buram

Layar iPhone kalian terasa kurang tajam alias buram dan warnanya juga tearasa tidak setajam atau secerah iPhone lainnya? ada dua penyebab utama yang dapat mengakibatkan masalah tersebut, pertama datang dari kesalahan atau bug pada iOS (software) atau yang kedua datang dari komponen layar itu sendiri yang bermasalah.


Sebelum melanjutkan pastikan kalian telah membandingkan ketajaman layar iPhone kalian dengan iPhone dengan model serupa, ingat perbedaan model iPhone juga mempengaruhi ketajam dan kecerahan layar.

Kesalahan atau Bug pada iOS

Apabila buram atau tidak tajamnya layar iPhone disebabkan oleh bug pada iOS atau mungkin ada pengaturan yang salah, kalian dapat mengikuti beberapa cara di bawah berikut untuk mengatasinya.

1. Restart iPhone

Cara yang cukup ampuh pertama adalah dengan melakukan Restart atau memulai ulang iPhone, sederhananya adalah dengan mematikan iPhone kemudian menyalakannya kembali. Selain itu kalian juga bisa menggunakan metode Force Restart untuk melakukan restart secara cepat dalam beragam kondisi, berikut caranya:

iPhone 8, Xr, Xs, 11, 12, SE 2020 atau lebih baru

  • Tekan tombol Volume Atas lalu lepas, kemudian segera Tekan tombol Volume Bawah lalu lepas, terakhir segera Tekan dan Tahan tombol Power / Lock hingga iPhone menampilkan logo Apple alias Restart

iPhone 7 dan 7 Plus

  • Tekan dan Tahan tombol Volume Bawah dan Power / Lock secara bersamaan hingga iPhone Restart

iPhone 6S, 6, 5S atau lebih lama

  • Tekan dan Tahan tombol  Power / Lock dan Home secara bersamaan hingga iPhone Restart

Apabila sudah silakan cek kembali ketajaman layar iPhone kalian.

2. Nonaktifkan Mode Daya Rendah / Low Power Mode

Mode Daya Rendah (Low Power Mode) fungsi utamanya adalah untuk menghemat penggunaan baterai dengan mengurangi aktivitas di latar belakang, namun tidak banyak yang menyadari bahwa fitur ini juga akan mengurangi intensitas kecerahan layar sehingga layar seperti tampak kurang tajam alias buram.

Untuk mengatasinya silakan nonaktifkan fitur Mode Daya Rendah melalui icon baterai pada Pusat Kontrol atau masuk ke aplikasi Pengaturan > Baterai lalu nonaktifkan "Mode Daya Rendah".

3. Nonaktifkan Night Shift dan True Tone

Layar iPhone terasa kurang tajam dan tampil menjadi lebih kuning? ada kemungkinan hal tersebut diakibatkan oleh fitur Night Shift dan True Tone, silakan nonaktifkan kedua fitur tersebut melalui aplikasi Pengaturan > Tampilan & Kecerahan.

4. Nonaktifkan Kecerahan Otomatis

Fitur "Kecerahan Otomatis" akan mengurangi intensitas cahaya pada layar iPhone mengikuti kondisi pencahayaan sekitar, sehingga apabila kecerahan layar secara otomatis turun ke level lebih rendah banyak pengguna yang mengira layar mereka tampak lebih buram dari biasanya.

Untuk mengatasi masalah ini kalian bisa menonaktifkan fitur Kecerahan Otomatis melalui aplikasi Pengaturan > Aksesbilitas > Layar & Ukuran Teks lalu nonaktifkan menu "Kecerahan Otomatis". Setelah itu jangan lupa juga atur Kecerahan Layar kalian ke tingkat yang diinginkan.

5. Nonaktifkan menu Kurangi Titik Putih

Kurangi Titik Putih merupakan fitur yang digunakan untuk mengurangi intensitas kecerahan layar, pastikan kalian tidak mengaktifkan menu ini sebab akan berdampak pada layar yang tampak jauh lebih buram dari biasanya (kurang cerah).

Silakan cek melalui aplikasi Pengautran > Aksesbilitas > Layar & Ukuran Teks lalu pastikan menu "Kurangi Titik Putih" dalam keadaan tidak aktif.

6. Atur Ulang Pengaturan iPhone

Terakhir pertimbangkan untuk mengatur ulang pengaturan pada iPhone ke pengaturan bawaan pabrik, namun tenang cara ini tidak akan menghapus data pribadi kalian tak terkecuali seluruh pengaturan yang telah dibuat pada iPhone.

Caranya, buka aplikasi Pengaturan > Umum > Atur Ulang kemudian pilih menu "Atur Ulang Pengaturan" (jangan sampai salah).

Masalah pada Layar

Cara-cara di atas tidak juga membuahkan hasil? ada kemungkinan masalah datang dari layar iPhone sendiri.

Sebelumnya apakah layar pada iPhone tersebut pernah diganti? jika ya apakah diganti dengan komponen yang asli? Mungkin bagi kalian yang mendapatkan iPhone tersebut secara second (bukan barang baru) dan tidak mengetahui riwayat iPhone tersebut, kalian bisa cek postingan berikut: Cara Cek Apakah iPhone Sudah Pernah Dibongkar atau Service

Kemungkinan lainnya yang bisa saja terjadi seperti, layar iPhone mengurangi kecerahan akibat terlalu lama menggunakan kecerahan tinggi (panas), kualitas layar semakin menurun seiring waktu karena penggunaan, layar pernah terbentur sehingga bermasalah atau layar pernah diganti dengan komponen yang tidak asli.

Untuk mengetahui penyebab pastinya, sangat disarankan agar membawa iPhone tersbut ke service center Apple guna di cek lebih lanjut penyebab dan solusi mengatasinya.