Kekurangan dari iPhone Minus Face ID yang Perlu Diketahui

Seringkali kita menemukan iPhone yang dijual / ditawarkan dalam kondisi "Minus Face ID" yang artinya sensor Face ID pada iPhone tersebut tidak dapat digunakan. Namun hati-hati, agar tidak menyesal nantinya kalian harus mengetahui terlebih dahulu apa saja kekurangan dari iPhone tanpa Face ID ini.


Apa itu Face ID?

Face ID merupakan sensor Pendeteksi Wajah canggih yang dapat kalian temukan mulai dari iPhone X, Xr, Xs, Xs Max, 11, 11 Pro, 11 Pro Max, 12, 12 Mini, 12 Pro, 12 Pro Max dan beberapa iPad Pro atau lebih baru.

Pendeteksi Wajah / Face ID pada iPhone memiliki peran yang cukup penting, seperti untuk membuka kunci iPhone menggunakan wajah, menggunakan mode Portrait pada kamera, menggunakan animoji (animasi memoji menggunakan wajah) hingga melakukan konfirmasi pembelian menggunakan wajah.

Kekurangan dari iPhone Minus Face ID

Sensor Face ID pada iPhone yang tidak bekerja, kebanyakan diakibatkan oleh layar pada iPhone tersebut yang sudah pernah diganti dengan komponen layar yang tidak resmi dari Apple.

Apabila kalian berniat untuk membeli iPhone Minus Face ID atau apapun itu sebutannya yang merujuk pada Face ID yang tidak berfungsi (no face id, tanpa face id, face id off, dll.), kalian wajib memperhatikan kekurangan yang akan kalian dapatkan agar tidak menyesal nantinya.

Dan berikut adalah kekurangan yang akan kalian dapatkan dari iPhone Minus Face ID:

1. Tidak Dapat Membuka Kunci iPhone hingga konfirmasi Login dengan Wajah 

Sangat disayangkan, dengan absennya Face ID kalian terpaksa harus memasukan password secara manual setiap kali akan membuka iPhone yang dikunci, selain itu kalian juga harus memasukan password Apple ID setiap kali melakukan konfirmasi login, download hingga pembelian aplikasi.

2. Kehilangan Fitur Kamera Portrait / Potret

Mode Portrait / Potret pada kamera, berfungsi untuk menciptakan efek kedalaman bidang yang akan memfokuskan tampilan pada objek yang akan diambil saja. Contohnya bisa kalian lihat pada gambar berikut:


Tampak jelas jika area disekitar foto wanita diatas tampak blur atau buram, dan ya, itulah efek portrait / potret yang dimaksud. iPhone sendiri memanfaatkan sensor Face ID untuk mendeteksi wajah dan mengambil foto portrait pada kamera Depan.

Eh, berarti menggunakan kamera belakang bisa dong? sayangnya menurut beberapa laporan pengguna yang telah menggunakan iPhone tanpa Face ID, fitur portrait / potret pada kamera belakang juga ikut tidak berfungsi.

3. Tidak Dapat Menggunakan Animoji

Dengan Face ID kalian dapat membuat animasi stiker Memoji mengikuti gerak wajah kalian (Animoji), atau sekedar mengubah wajah ke beragam stiker Memoji saat melakukan perekaman video melalui kamera depan dan panggilan video call seperti FaceTime.

Kelebihannya, stiker atau karakter Memoji akan mengikuti setiap pergerakan diwajah kalian lebih mendetail, contohnya saja seperti menjulurkan lidah, menutup mata, cemberut, ekspresi senang, sedih dan lain sebagainya. Contohnya bisa kalian lihat pada video berikut ini.


4. Kehilangan fitur True Tone

Face ID yang tidak bekerja juga pertanda bahwa layar pada iPhone tersebut yang sudah tidak lagi asli, akibatnya fitur True Tone pada iPhone juga ikuti tidak bekerja.


Update!

5. Kamera Kehilangan Fitur Ultra Wide, Panorama dan Zoom

Temuan terbaru oleh YouTuber Hugh Jeffreys menampilkan bahwa iPhone 12 yang sudah diganti mesin maupun layar (salah satu penyebab face id tidak berfungsi), menunjukan iPhone tidak dapat menggunakan kamera Ultra Wide, Panorama dan Zoom. Selain itu aplikasi Kamera juga tidak akan berjalan dengan mulus alias mengalami lag saat digunakan.

6. Peringatan Layar Tidak Asli

Dalam kebanyakan kasus iPhone juga akan menampilkan peringatan bahwa layar yang digunakan tidak asli atau tidak sesuai.

Kesimpulan...

Meskipun iPhone tanpa Face ID dibanderol dengan harga yang cukup murah, silakan pikirkan kembali seluruh kerugian yang mungkin akan kalian dapatkan. Ingat, sensor Face ID tidak hanya digunakan untuk membuka kunci iPhone saja, melainkan banyak juga fungsi lainnya yang memang memanfaatkan sensor Face ID agar dapat bekerja.

Bagaimana menurut kalian? silakan tinggalkan pendapat atau komentar kalian pada kolom komentar di bawah ya..