Apa itu Apple ProRAW dan Bagaimana Cara Mengaktifkannya?

Apple baru saja menghadirkan dukungan fitur Apple ProRAW melalui update iOS 14.3 khusus bagi pengguna iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max, lalu apa sih fungsi dari fitur Apple ProRAW dan bagaimana cara mengaktifkannya?


Menurut Apple fitur Apple ProRAW bekerja dengan cara menggabungkan informasi format RAW standar bersama dengan pemrosesan gambar iPhone, yang fungsinya akan memberikan lebih banyak fleksibilitas saat mengedit eksposur, warna, dan white balance pada Foto.

Apple ProRAW ini dapat bekerja juga saat menggunakan fitur kamera lainnya seperti Smart HDR, Deep Fusion dan Night Mode.

Bagi yang ingin mengaktifkan fitur Apple ProRAW langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Cara Mengaktifkan Apple ProRAW di iPhone

Sebagai catatan, fitur ProRAW ini hanya dapat diaktifkan melalui iOS 14.3 pada iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max atau lebih baru.

1. Pertama silakan buka aplikasi Pengaturan iPhone

2. Selanjutnya masuk ke menu Kamera lalu pilih lagi Formats

3. Kemudian nyalakan menu Apple ProRAW

4. Terakhir silakan buka aplikasi Kamera dan pastikan menu RAW (pojok kanan atas) sudah dalam keadaan aktif


Perlu diketahui juga bahwa ukuran format file .DNG hasil foto ProRAW dapat mencapai hingga 10 sampai 12 kali lipat lebih besar dibandingkan dengan ukuran foto normal dengan format JPEG atau HEIC.

Fitur Apple ProRAW di iPhone dapat digunakan melalui kamera depan maupun belakang, namun perlu diperhatikan untuk saat ini bahwa fitur ProRAW pada iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max belum mendukung saat mengambil foto melalui mode Potret.