Cara Menghapus / Menghilangkan VPN di iPhone dan iPad

Seringkali Admin mendapatkan banyak pertanyaan soal cara menghapus atau menghilangkan jaringan VPN di iPhone maupun iPad, nah khusus bagi yang belum tahu pada postingan kali ini Admin akan membagikan cara-cara menghapus atau memutuskan jaringan VPN apapun yang ada di iPhone atau iPad kalian, entah yang berasal dari aplikasi atau hasil konfigurasi manual.


Kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Cara Menghapus / Menghilangkan Konfigurasi VPN di iPhone dan iPad

Cara ini dapat menghapus seluruh VPN yang terinstall di iPhone atau iPad kalian terkhusus VPN yang dikonfigurasi / atur secara manual.

1. Silakan buka aplikasi Pengaturan

2. Kemudian masuk ke menu Umum > VPN


3. Jika sudah untuk memutuskan VPN alih-alih menghapusnya silakan tap pada tombol Terhubung hingga masuk ke status Tidak Terhubung


4. Namun apabila kalian benar-benar ingin menghapus konfigrasi VPN tersebut, silakan tap tombol (i) disamping konfigurasi VPN


5. Terakhir, silakan tap menu Hapus VPN lalu tap lagi Hapus


Selesai deh, sekarang supaya lebih mantap kalian bisa merestart iPhone atau iPad tersebut.

Nah bagi yang tidak ingin menghapus VPN atau sekedar ingin memutuskannya saja, kalian bisa mengikuti cara-cara lainnya berikut ini.

Memutuskan Sambungan VPN Langsung dari Aplikasi

Cara ini khusus bagi yang menggunakan atau mengaktifkan VPN melalui aplikasi, caranya langsung saja buka aplikasi VPN yang kalian gunakan kemudian tap tombol "Disconnect / Putuskan" atau langsung saja tap pada tombol "Connect / Terhubung", kalau tidak ada coba cari tombol "X" atau "Icon Power" yang kira-kira fungsinya untuk mematikan sistem.




Jika sudah biasanya aplikasi VPN akan langsung memberikan peringatan apakah akan memutuskan VPN atau tidak, silakan pilih Putuskan / Disconnect.

Masih belum berhasil? coba restart iPhone atau iPad kalian dan coba kembali, atau langsung saja hapus aplikasi VPN tersebut.

Memutuskan Sambungan VPN dari Pengaturan

Cukup mudah, silakan buka aplikasi Pengaturan kemudian langsung saja nonaktifkan menu VPN.


Cara Menghubungkan Ulang VPN

Apabila VPN tersebut disambungkan melalui konfigurasi tertentu, silakan masukan kembali konfigurasi tersebut melalui Pengaturan > Umum > VPN > Konfigurasi VPN...

Jika VPN tersebut berasal dari aplikasi, silakan buka aplikasi VPN yang digunakan lalu sambungkan kembali VPN melalui menu yang sudah tersedia.

Oke itu saja informasi cara menghapus, menghilangkan atau memutuskan jaringan VPN yang ada di iPhone, iPad maupun iPod touch kalian. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah.