Cara Mengunci Galeri Foto di iPhone dan iPad Tanpa Aplikasi

Tidak ingin privasi kalian terganggu? tenang saja pada postingan kali ini Admin akan membagikan trik cara mengunci aplikasi Galeri Foto/Photos di iPhone atau iPad (sudah pasti termasuk album didalamnya), tanpa bantuan aplikasi apalagi jailbreak. Jadi intinya murni menggunakan fitur tersembunyi bawaan iPhone.


Nah, di sini sebenarnya kita akan menggunakan bantuan dari fitur Durasi Layar atau Screen Time untuk mengunci aplikasi Foto/Photos iPhone. Caranya terbilang cukup sederhana namun sangat berguna dan dapat mengunci aplikasi lainnya juga, kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Trik Mengunci Galeri Foto di iPhone dan iPad

1. Pertama buka aplikasi Pengaturan kemudian masuk ke menu Durasi Layar/Screen Time

2. Apabila sudah pastikan kalian telah mengatur fitur Durasi Layar/Screen Time menggunakan password (wajib!)

Apabila belum mengatur password silakan tap pada menu "Use Screen Time Passcode" atau Gunakan Kata Sandi Layar"

3. Jika sudah silakan masuk ke menu Batas App kemudian pilih lagi Tambah Batas


4. Selanjutnya cari menu Kreativitasi lalu tap icon panah > disampingnya, jika sudah pilih menu Foto / Photos lalu tap lagi Berikutnya


5. Sekarang atur Waktu durasi layar selama 0 jam 1 mnt kemudian nyalakan juga menu Blokir pada Akhir Batas, jika sudah tap pada menu Tambah (dipojok kiri kanan)


6. Pada tahap ini aplikasi Foto / Photos di iPhone kalian sudah diatur untuk secara otomatis terkunci setelah 1 menit digunakan

7. Triknya, silakan buka aplikasi Foto/Photos di iPhone kalian dan biarkan terbuka hingga mencapai 1 menit atau muncul Batas Waktu (Anda telah mencapai batas waktu untuk Foto.)


8. Jika menu Batas Waktu telah muncul maka aplikasi Galeri Foto/Photos tersebut sudah terkunci oleh fitur Durasi Layar


9. Untuk membuka kembali akses aplikasi Galeri Foto/Photos silakan tap pada menu Minta Durasi Tambahan lalu masukan password Kode Sandi Durasi Layar, atau kalian bisa mematikan passwordnya melalui menu Pengaturan > Durasi Layar/Screen Time > Batas App.

Bagaimana gampang kan? cara-cara di atas dapat kalian gunakan juga untuk mengunci aplikasi lainnya yang kalian inginkan.

Namun begitu, ada satu kekurangan yang cukup vital dari cara-cara di atas yaitu foto-foto pada galeri tetap dapat diakses melalui aplikasi lainnya, untuk itu kalian bisa memaksimalkannya mengikuti tips-tips berikut: